cari kata

Kamis, 05 Maret 2015

Santai di Sungai Musi





Bersantai bisa di mana saja, yang penting bisa menikmati waktu luang anda. Saya berkesempatan untuk rehat dan santai sejenak di tepian sungai Musi, Palembang Sumatera Selatan, Jumat (27/2/2015). Pemandangan di tepian sungai Musi ini sungguh elok, dan membuat kita betah untuk menikmati suasananya.

Pemandangan Jembatan Ampera nampak membentang dengan indahnya. Nama Jembatan Ampera atau Amanat Penderitaan Rakyat diberikan oleh Ir. Sukarno untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaan.



Lokasi yang saya pilih adalah tepat di depan benteng Kuto Besak, karena dari siang hingga malam hari suasana di kawasan depan Benteng Kuto Besak ini benar-benar semarak, oleh aktivitas orang yang lalu- lalang dan para pedagang.

Dari dermaga di tepian sungai Musi ini lah saya kemudian melanjutkan naik speed boat menuju ke Pulau Kemaro.

Saya tuliskan perasaan saya saat di tepian sungai Musi ini karena, jika saya tidak menuliskannya, saya khawatir memori saya akan keindahan sungai Musi akan sirna ditelan oleh kesibukan kehidupan.

Saya amati masih amatlah jarang orang yang bersedia menulisknan pengalamannya saat liburan atau travelling, karena alasan utamanya adalah : "MALAS".

Mengapa malas ? ya karena  saat liburan atau waktu luang kita mungkin akan rajin jeprat-jepret membuat aneka foto, selfa-selfie kesana kemari. namun foto kita itu hanya mengisi ruang media chat sosial saja. Dengan sebaris dua baris narasi. Artinya kita hanya akan memancing komentar dari circle ring kawan kita saja.

Namun jika kita mampu menuliskan pengalaman kita di Blog berdasar disiplin time line yang telah disediakan oleh blog, maka kita telah melatih diri kita untuk menuangkan kembali perasaan dan pengalaman kita menjadi sebuah artikel ringan.

Artikel ringan namun menjadi lebih nostalgic ketika kelak kita baca lagi setelah beberapa tahun mendatang. Kita jadi lebih bersyukur telah diberi Tuhan waktu yang cukup panjang untuk menikmati indahnya kehidupan, jika kita kelak sakit maka kita bersyukur pula telah diberi waktu, dan sembari memohon kesembuhan.

Intinya dengan menuliskan aneka pengalaman kita di blog ini, mencegah data kita tidak mudah hilang, dan lebih mudah bagi kita untuk melihat kembali dan membaca kembali pengalaman yang telah kita lalui.
Semoga bermanfaat, terutama bagi diri saya sendiri dan umumnya bagi para pembaca semuanya.  

Salam adventure jurnalistik. (*)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Wuih keren abis Pak Mung, dari sisi poto dan narasinya,

mung pujanarko mengatakan...

Terimakasih Pak Aliudin, sukses

Unknown mengatakan...

Keren pak...Lanjutkan👍👍👍

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons