cari kata

Rabu, 21 Februari 2018

Belajar Menggunakan Media Chat Sosial



Saya baru saja -belum setahun- belajar menggunakan media chat sosial. Saya tidak memiliki akun FB atau twitter (tidak aktif).

Saya mengikuti grup chat di Whatsapp saja. Mulai dari grup wa  smp, sma hingga grup kawan kuliah dulu.

Kesamaan primordial membuat saya nyaman mengikuti grup chat. Karena kesamaan pernah satu sekolah, satu organisasi.

Juga rata-rata orang yang satu grup chat itu, sudah saya kenal sebelumnya.

Siaran chat dalam grup yang saya amati selalu ada orang yang memulai melempar topik, dan ada yang menimpali. 

Dalam sehari di grup-grup Whatsapp berdasarkan satu ikatan primordial yang saya ikuti, biasanya di pagi hari saat mulainya aktivitas, ada saja teman yang melakukan opening salam. Ini juga saya sebut sebagai wacana yang dilempar atau disajikan di grup percakapan (chat).

Kemudian barulah ada pihak-pihak atau kawan-kawan sebagai penanggap wacana tersebut.

Wacana bisa berbentuk teks, foto, video, animasi dan lain sebagainya bentuk pesan.

Wacana-wacana ini kemudian ada yang mendapat respon atau tanggapan ada pula yang tidak, melainkan hanya dibaca saja.

Responnya juga ada yang umpan balik positif ada pula yang umpan balik negatif.

Tidak jarang sampai ada yang keluar dari grup.

Alasan keluar dari grup chat ini beragam. Rata-rata berkaitan dengan tidak terpenuhinya kebutuhan untuk rasa aman, atau rasa puas, sebagai piramida kebutuhan sosial.

Setidaknya ikatan primordial ini juga belum cukup kuat sebagai ikatan yang membentuk sebuah grup chat. 

Juga ada yang diam atau silent reader.

Paling tidak dengan mengikuti chat grup yang primordial bagi saya seperti mengikuti siaran dialog. Dialog dari kawan-kawan dan orang yang relatif sudah saya kenal.

Meski saya jarang aktif namun rasanya cukup terhibur dengan mengikuti rangkaian chat dialog.

 Cukup membuat saya nyaman sebagai makhluk sosial yang membutuhkan  interaksi dengan sesama.

Hanya saja mengubah bahasa tutur seketika menjadi bahasa tulis memang tidak seketika otomatis. 

Karena dalam bahasa tulis, teks yang kita ketik tidak diikuti oleh gesture dan intonasi ucap yang mendukung komunikasi.

Namun tetap saja menarik untuk terus diamati dan dipelajari bagaimana membuat bahasa tulis menjadi sederhana meski kurangnya rasa emosional di dalam bahasa teks itu. Emotico karena terbatas juga dirasa sulit mewakili emosi yang tersirat oleh jiwa.

Bagi anak-anak usia belajar sudah saatnya anak-anak juga dibekali dengan kemampuan menulis teks sebagai bahasa tulis yang baik untuk dipergunakan dalam percakapan di media sosial. (*)



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons