cari kata

Sabtu, 29 Juni 2024

Berlatih untuk Lari 5K

 Baiklah, salam kenal untuk semua pembaca yang mampir di weblog saya ini. Awal mulanya adalah ketika kami sekeluarga berniat mengikuti event lari bertajuk 5K J&T Connect Run pada tanggal 14 juli 2024 :


Maka latihan kami sekeluargapun dimulai sejak bulan April 2024. Kami ini bukan pelari. Namun kami ingin sekali mencoba mengikuti event lari. Sebenarnya sebelumnya kami tidak pernah berolahraga lari. Bahkan lari jogging 1km sekalipun kami belum pernah. Namun kami sekeluarga yakin bisa untuk mengikuti sebuah event lari. Maka kami sekeluarga, yakni saya : Mung (50), istri saya Yuni (49), dan anak bungsu kami Kay (23), memberanikan diri mendaftar guna mengikuti event lari 5K.

Sekali lagi, saya umur gocap, 50, seket. Setengah abad usia ini. Saya kelahiran tahun 1974. Saya kuliah semester 1 tahun 1992. Saya sebelumnya belum pernah lari 1km sekalipun. Kalau jalan kaki 1km ya tentu sering.

Jadi from couch to run. Alias dari kaum rebahan di sofa /couch (rebahan setelah bekerja dari kantor) kemudian ujug-ujug ingin ikut event lari. 😁

Foto rebahan di couch /sofa ini diambil tgl 22 Juni 2022. Setelahnya, pada 29 Juni 2024 from couch to 5K.


Meski belum pernah sekalipun mengikuti event lari, namun kami ingin sekali mencoba mengikuti event lari 5K atau 5 kilometer. Benar-benar kami adalah pelari pemula sekali. Dari nol (0) memang, karena kami memang tidak pernah olahraga lari sebelumnya.

Ini dokumentasi pada bulan April 2024 pertama kali mencoba warming up di lintasan Sempur. Masih jalan kaki biasa saja sambil lari-lari kecil di bulan April 2024 bersama para pengunjung lain seperti terdokumentasi di bawah ini.




Foto-foto di atas adalah awal mula kami sekeluarga mulai coba latihan lari dan jalan kaki. Banyak jalannya sih😄 di lintasan lapangan Sempur Bogor di bulan April 2024.

Karena kami semua belum pernah latihan lari sebelumnya. Kami hanya warming up atau pemanasan saja jalan kaki keliling lintasan Sempur. Pada waktu itu 3 kali putar lintasan Sempur terlebih dahulu.

Saat pertama kali warming up ini kami masih "run shy" alias malu-malu dan ragu-ragu untuk berlari di lintasan 😅

Kemudian foto- foto dibawah  ini adalah dokumentasi latihan warming up selanjutnya di Bulan Mei 2024 dengan jalan kaki biasa saja. Tujuannya membiasakan kaki bergerak dan menempuh jarak naik turun rute alam bebas. Itu saja



Kemudian video di bawah ini adalah dokumentasi latihan berlari (running) di lintasan Stadion Pakansari Bogor pada tgl 1 Juni 2024. Latihan di lintasan Stadion Pakansari ini awalnya kami hanya kuat menempuh jarak 2km saja untuk berlari dengan pace pelan.


Kemudian dokumentasi di bawah ini pada 19 Juni 2024 kami sekeluarga berupaya berlatih kembali untuk endurance dengan jarak yang lebih panjang yakni kami berhasil menempuh jarak jogging 4km di lintasan luar Kebun Raya Bogor.





Di atas itu adalah dokumentasi rute 4,24 kilometer yang kami tempuh 49 menit. Jadi masih pemula sekali.




Kami bertujuan berlatih untuk ikut lari 5K tgl 14 Juli 2024 seperti pd flyer ini.

Kemudian pada dokumentasi di bawah ini pada tanggal 22 Juni 2024 kami sekeluarga kembali berlatih lari di keliling Stadion Pakansari Bogor. Kali ini kami cukup surprised alias gembira dan tidak menyangka kami sekeluarga berhasil menempuh jarak lari 5Km untuk pertama kalinya.
 Meski waktu 5km masih di bawah rata-rata waktu pelari pemula yakni 51 menit untuk jarak 5 kilometer.
Saya membaca bahwa waktu rata-rata pemula lari 5km adalah antara 30-45 menit. Kami menempuh 5km dalam 51menit.
 Tapi hal ini bagi pelari pemula seperti kami membuat kami percaya diri karena sebelum ini kami belum pernah menempuh jarak lari sejauh 5km sekalipun.
Jadi hari itu adalah mile stone bagi kami.

Ini adalah mile stone kecil-kecilan kami, karena pertama kalinya kai menempuh  jarak lari 5 kilometer dengan waktu yang masih di bawah rata-rata yakni 51 menit.




Lanjut jalan lintas alam untuk tetap membiasakan warming up.



Setelah lari dan jalan lintas alam kami menempuh total jarak di hari itu sejauh 7 km.








Gambar ini adalah rute lari 5km  mengelilingi stadion Pakansari Bogor,  jarak lari 5 Km waktu tempuh 51 menit

Kemudian semenjak itu maka kami membiasakan menempuh jarak 5km dalam rata-rata waktu pelari pemula seperti kami sekeluarga.

Untuk dokumentasi-dokumentasi di bawah ini adalah pada tanggal  28 Juni 2024 dan 29 Juni 2024 terjadi peningkatan durasi latihan kami sekeluarga :




Pada tgl 28 juni 2024 lari menempuh jarak 4,99 km dengan waktu 46 menit.







Penyemangat kami pada 28 juni 2024 kami menempuh 5K dalam sekali running.



Dokumentasi latihan lari 5 kilometer Tgl 29 Juni 2024 dibawah ini :









Saya pilih sepatu lari lokal buatan 🇮🇩 pakai Specs Ignition 









Ini keterangan tambahan jarak dan waktu 5,4 kami sambung jalan kaki, sehingga tadinya 5 km waktu 41 menit kami sambung jalan kaki menuju parkiran jadi 55 menit untuk 5,43 km 

Ini adalah bukti dokumentasi kami yang sudah berhasil menempuh jarak lari 5 kilometer di koridor waktu pelari normal rata-rata yakni antara 30-45 menit. Kami menempuh di waktu 41 menit unt 5km

Catatan data lari 5km.


Dimana pada tanggal 29 Juni 2024 inilah pertama kalinya kami berhasil mencapai waktu 41 menit untuk 5km.😄🎉🏅

Ini pertama kalinya kami berada di koridor waktu normal pelari pemula yakni 5km ditempuh di rentang waktu 30 menit - 45 menit.

Waktu 41 menit untuk 5km bagi kami yang pelari pemula (couch to run) tentu membuat kami gembira dan semangat, karena waktu pelari pemula seperti kami rata-rata pelari pemula adalah membutuhkan waktu antara 30 menit - 45 menit untuk jarak 5K atau 5 kilometer.


Berlari 5km di lintasan Sempur hari Sabtu (29/6/2024) kami beroleh waktu 41 menit untuk 5K.

Olahraga lari dengan pace jogging dengan membiasakan jarak tempuh 5km membuat perbedaan pada gaya hidup atau lifestyle kami sekeluarga
 Jika sebelumnya kami pilih rebahan atau santai saat weekend kini kami sempatkan untuk berlari jogging 5km.

Lari diartikan sebagai kegiatan yang menggerakan kaki secara cepat. Sedangkan jogging diartikan sebagai kegiatan berlari dengan gerakan yang lebih lambat.

Perbedaan Lari (running) dan Jogging.
Apakah jogging dan running sama?
Jogging atau lari pagi adalah salah satu aktivitas fisik atau olahraga ringan yang banyak diminati karena mudah untuk dilakukan. 
Perbedaan utama antara jogging dan running berkaitan dengan gerakan tubuh. 
Jogging memiliki irama yang melambung dan cenderung seperti melompat, sedangkan lari terdiri dari langkah yang lebih panjang dan gerakan yang lebih cepat sehingga memerlukan tenaga fisik yang lebih besar dibandingkan dengan jogging .

Meski sederhana, terdapat banyak manfaat lari pagi bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan suasana hati. ❤


Running Falsafah Kucing


Saya pakai running falsafah kucing. Look at my cat, our cat. Itu kucing terlihat santai.🐱🐈 Dia kucing lari ketika kucing membutuhkan lari.  Ga tiap hari juga kucing lari. Tapi ketika dia butuh lari, kucing lari secara fast dan mantap.
Saya, kami, lari ketika kami butuh untuk latihan event 5k seperti judul di atas.

Salam sehat.🙏

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons