cari kata

Minggu, 08 Januari 2012

Tanaman Srikaya di Pekarangan (2)

Buah Srikaya varietas lokal menemani pisang Raja Sereh

Tanaman Srikaya lokal tetap rajin berbuah biarpun di musim hujan


   Saya memang penghoby tanaman Srikaya, jadi biarpun pekarangan saya luasnya tidak seberapa, tapi ya tetap saja saya tanami aneka Pohon Buah terutama Srikaya. 

  Sesuai keterangan yang saya baca, Srikaya Australia dikenal juga dengan nama Srikaya Jumbo atau Srikaya New Varietas. Di halaman saya, biarpun musim hujan seperti sekarang ini Srikaya Australia yang saya tanam tetap rajin berbuah. Apalagi Srikaya Lokal yang bibitnya saya bawa dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, tetap saja rajin berbuah, dan tidak rontok meski curah hujan Bulan Januari ini amat tinggi di Bogor.
Srikaya Australia (new varietas) di halaman

Srikaya New Varietas berbuah susul menyusul, dengan bunga (tidak musiman)

  Perbedaan antara Srikaya lokal dan New Varietas, daging buah New Varietas lebih tebal., lebih harum , kemudian biji buah lokal lebih banyak yakni sekitar 40 biji dalam satu buah lokal, jika dalam buah new varietas cuma 15 biji saja.
Pohon Srikaya Lokal, buah lebat di musim hujan lebat
    Kalau makan buah ini perut jadi lumayan adem,  dan membuat pencernaan menjadi lancar. Alhamdulillah tanaman di halaman ini rajin berbuah jadi biarpun di Bogor jarang yang jual buah Srikaya, saya masih tetap bisa menikmati  buah ini.
   Selain Srikaya sebenarnya saya juga menanam beberapa tanaman buah lain, seperti Delima Merah dan Delima Putih, kemudian ada beberapa varietas Pisang. Juga saya tanam Jambu Bol atau Jambu Dersono, tapi Jambu Bol-nya masih pentil bunga, mungkin nanti kalau sudah berbuah juga saya masukkan ke blog saya ini.
Srikaya  Australia/ New Varietas  biar kecil tapi mau berbuah

   Perawatan Srikaya selain pemangkasan cabang, terutama adalah pemupukan dengan pupuk kandang, kemudian NPK dan SP36 secara berimbang. Prinsip pemupukan yang saya anut adalah sedikit tapi gradual dan kontinyu. (*)
 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons