Dua-duanya melanggar hukum. Korupsi karena butuh untuk menambal gaji/ pendapatan adalah melanggar hukum, dan korupsi karena hobby dan sudah habit (kelakuan mendarah daging) sebagai akibat keserakahan, maka itu juga melanggar hukum. KPK menangani kasus korupsi diatas 1 milyar, sementara kepolisian dan kejaksaan menangani kasus korupsi yang lebih umum, jumlah bukan patokan. Saya mengatakan pada para mahasiswa bahwa korupsi adalah melanggar hukum.
Data CPI itu menunjukkan Indonesia mendapat skor yang sama dengan negara Madagaskar, Mesir, Ekuador, dan Republik Dominika. Rangking 118 dunia itu berarti kita naik peringkat menuju negara dengan tingkat korupsi yang lebih parah, karena itu pada 2011 lalu, posisi Indonesia masih berada di peringkat 100 dunia bersama dengan Tanzania, Suriname, Sao Tome & Principe, Mexico, Malawi, Madagascar, Gabon, Djibouti, Burkina Faso, Benin, dan Argentina.
Country
|
Corruption Rank 2012
|
Democracy Rank 2012
|
1
|
6
|
|
1
|
2
|
|
1
|
1
|
|
4
|
2
|
|
5
|
71
|
|
6
|
5
|
|
7
|
4
|
|
7
|
9
|
|
9
|
7
|
|
9
|
8
|
|
11
|
11
|
|
12
|
9
|
|
13
|
13
|
|
13
|
29
|
|
15
|
12
|
|
16
|
17
|
|
16
|
20
|
|
18
|
16
|
|
19
|
15
|
|
19
|
13
|
|
21
|
75
|
|
22
|
20
|
|
22
|
38
|
|
24
|
17
|
|
25
|
17
|
|
25
|
72
|
|
27
|
30
|
|
27
|
22
|
|
29
|
31
|
|
30
|
24
|
|
31
|
32
|
|
32
|
33
|
|
33
|
34
|
|
34
|
23
|
|
34
|
25
|
|
36
|
101
|
|
37
|
73
|
|
38
|
26
|
|
38
|
81
|
|
38
|
55
|
|
38
|
39
|
|
42
|
82
|
|
42
|
41
|
|
42
|
121
|
|
45
|
93
|
|
46
|
27
|
|
46
|
36
|
|
48
|
35
|
|
48
|
54
|
|
50
|
80
|
|
50
|
117
|
|
50
|
48
|
|
53
|
44
|
|
53
|
58
|
|
53
|
50
|
|
56
|
28
|
|
56
|
77
|
|
58
|
78
|
|
58
|
46
|
|
58
|
84
|
|
61
|
124
|
|
61
|
47
|
|
61
|
107
|
|
61
|
42
|
|
65
|
53
|
|
65
|
55
|
|
65
|
36
|
|
65
|
40
|
|
65
|
75
|
|
70
|
89
|
|
70
|
103
|
|
70
|
89
|
|
70
|
89
|
|
74
|
45
|
|
74
|
84
|
|
74
|
50
|
|
74
|
49
|
|
74
|
63
|
|
74
|
66
|
|
74
|
50
|
|
81
|
61
|
|
81
|
111
|
|
81
|
60
|
|
84
|
125
|
|
84
|
69
|
|
84
|
98
|
|
84
|
59
|
|
84
|
43
|
|
84
|
103
|
|
84
|
57
|
|
91
|
63
|
|
91
|
97
|
|
91
|
126
|
|
91
|
83
|
|
95
|
62
|
|
95
|
103
|
|
95
|
94
|
|
95
|
68
|
|
95
|
67
|
|
100
|
129
|
|
100
|
79
|
|
100
|
63
|
|
100
|
138
|
|
100
|
87
|
|
105
|
115
|
|
105
|
87
|
|
107
|
86
|
|
107
|
98
|
|
107
|
118
|
|
110
|
129
|
|
110
|
110
|
|
110
|
142
|
|
110
|
128
|
|
114
|
112
|
|
114
|
89
|
|
114
|
129
|
|
114
|
98
|
|
114
|
94
|
|
119
|
96
|
|
119
|
140
|
|
119
|
120
|
|
119
|
109
|
|
119
|
112
|
|
119
|
101
|
|
125
|
145
|
|
125
|
70
|
|
125
|
74
|
|
125
|
107
|
|
129
|
122
|
|
129
|
114
|
|
131
|
136
|
|
132
|
134
|
|
132
|
118
|
|
132
|
122
|
|
135
|
140
|
|
135
|
138
|
|
135
|
115
|
|
138
|
136
|
|
139
|
133
|
|
139
|
134
|
|
139
|
129
|
|
139
|
103
|
|
143
|
127
|
|
144
|
149
|
|
144
|
148
|
|
146
|
146
|
|
147
|
144
|
|
148
|
142
|
|
148
|
147
|
|
148
|
150
|
Sebenarnya apa definisi yang jelas mengenai tindak korupsi ? Berdasarkan Undang-undang Nomor : 31 Tahun 1999, yang dimaksud dengan tindak pidana korupsi adalah:
2) pasal 3 : “Setiap orang yang dengan sengaja menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.”
Mengacu kepada definisi dari masing-masing pasal maka dapat diuraikan unsur-unsur dari Tindak Pidana Korupsi, yaitu:
-Setiap orang termasuk pegawai negeri, orang yang menerima gaji atau upah dari keuangan negara atau daerah; orang yang menerima gaji atau upah dari suatu korporasi yang menerima bantuan dari keuangan negara atau daerah, orang yang menerima gaji atau upah dari korporasi lain yang mempergunakan modal atau fasilitas dari negara atau masyarakat. Selain pengertian sebagaimana tersebut di atas termasuk setiap orang adalah orang perorangan atau termasuk korporasi.
- Secara melawan hukum adalah melawan hukum atau tidak, sesuai dengan ketentuan-ketentuan baik secara formal maupun material, meskipun perbuatan tersebut tidak diatur dalam peraturan-peraturan maupun perundang-undangan. Selain dari itu juga termasuk tindakan-tindakan yang melawan prosedur dan ketentuan dalam sebuah instansi, perusahaan yang telah ditetapkan oleh yang berkompeten dalam organisasi tersebut.
-Melakukan perbuatan adalah sebagaimana yang diatur dalam pasal 15 Undang-undang No. 31 tahun 1999, yaitu berupa upaya percobaan, pembantuan, atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana korupsi. Jadi walaupun belum terbukti telah melakukan suatu tindakan pidana korupsi, namun jika dapat dibuktikan telah ada upaya percobaan, maka juga telah memenuhi unsur dari melakukan perbuatan.
-Memperkaya diri, atau orang lain atau suatu korporasi adalah memberikan manfaat kepada pelaku tindak pidana korupsi, baik berupa pribadi, atau orang lain atau suatu korporasi. Bentuk manfaat yang diperoleh karena meperkaya diri adalah, terutama berupa uang atau bentuk-bentuk harta lainnya seperti surat-surat berharga atau bentuk-bentuk asset berharga lainnya, termasuk di dalamnya memberikan keuntungan kepada suatu korporasi yang diperoleh dengan cara melawan hukum. Dalam hal yang berkaitan dengan korporasi, juga termasuk memperkaya diri dari pengurus-pengurus atau orang-orang yang memiliki hubungan kerja atau hubungan-hubungan lainnya.
-Dapat merugikan keuangan negara adalah sesuai dengan peletakan kata dapat sebelum kata-kata merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, menunjukkan bahwa tindak pidana korupsi merupakan merupakan delik formil, yaitu adanya tindak pidana korupsi adalah cukup dengan adanya unsur-unsur perbuatan yang telah dirumuskan bukan dengan timbulnya akibat dari sebuah perbuatan, dalam hal ini adalah kerugian negara.
Kerugian Negara yang dihitung oleh auditor investigasi yang berwenang adalah kerugian yang didasarkan kepada perhitungan dengan menggunakan prinsip-prinsip akuntansi. Berdasarkan berbagai putusan hakim terhadap ada atau tidaknya suatu kerugian negara dapat secara sederhana dirumuskan pengertian kerugian negara, yaitu:
a. Berkurangnya asset dari suatu entitas Pemerintahan.
b. Bertambahnya pengeluaran Keuangan Negara atas prestasi yang tidak diperoleh suatu entitas Pemerintah.
a. Indikasi korupsi cenderung mengarah pada struktur teori sekitar motivasi, kesempatan dan keuntungan. Sehingga sering kali korupsi dilakukan untuk alasan ekonomi, yakni keserakahan dan penumpukan harta untuk diri sendiri sebagai kompensasi jaminan bila sudah tidak menduduki jabatan ’basah’.
b. Dorongan berikutnya adalah mental egoisme yang tumbuh subur di dalam kalangan individu dan kelompok pelaku.
c. Dan dorongan yang ketiga selain pengaruh lingkungan, juga adanya dorongan penyakit kejiwaan yang membuat seseorang merasa senantiasa kekurangan harta benda, tak pernah merasa cukup akan jumlah uang yang dimilikinya dari hasil ’sabetan’ jabatan. Serta ada dorongan untuk melakukan korupsi mirip perilaku maniak. Perilaku maniak adalah sebuah perilaku yang dilakukan secara terus menerus tanpa menemukan kepuasan yang cukup. Sebagaimana misal perilaku maniak seks, maka perilaku maniak korupsi juga akan melakukan tindakan korupsinya sesering mungkin seperti ”kapal keruk”, dan sulit untuk berhenti. Maka jika sudah demikian kadang kala pelaku korupsi mengajukan pembelaan di persidangan bahwa dirinya mengalami gangguan kejiwaan, yakni ; maniak korupsi. Yang biasanya pembelaan semacam ini akan disusul oleh derai tawa hadirin di persidangan dan cemohan hakim.
d. Karena koruptor juga melengkapi ketrampilannya memanipulasi angka dan data dengan penguasaan teknologi, maka indikasi korupsi dalam lingkungan yang menggunakan komputer dapat terjadi pada setiap tahap sistem, yaikni : masukan, pengolahan dan keluaran.
- Banyak menerima hutang Luar Negeri namun hampir-hampir tak mampu mencicil bunganya saja. Akibatnya terkenal sebagai negara miskin dengan jumlah besar penduduk miskin yang pendapatannya kurang dari 1 USD per-hari.
- Demokrasi yang lemah dan sistem pemerintahan dikuasai oleh elite politik dan elite partai politik, elite birokrasi, dan elite militer.
- Terkenal sebagai negara perusak lingkungan hidup terparah di Dunia. Akibatnya negara itu sendiri seringkali dilanda bencana alam seperti banjir, terutama banjir di Ibu Kotanya bahkan sudah tepat sampai di hidung Istana Kepresidenan, kemudian ada tanah longsor akibat kerusakan lingkungan dan penyakit penyertanya.
- Memiliki kekayaan alam yang melimpah - ruah namun lebih dimonopoli eksploitasinya oleh korporasi multinasional, serta korporasi transnasional.
Maka yang patut kita sebagai masyarakat luas menggaris bawahi dan waspada terhadap bahaya latent korupsi adalah ; Korupsi lebih disebabkan ketiadaan pengendalian dan pengendalian yang lemah. Dengan demikian pencegahan indikasi korupsi adalah masalah pengendalian yang memadai dan suatu lingkungan kerja yang menetapkan penghargaan yang tinggi atas kejujuran pribadi dan perlakuan yang adil. Kalau kita masih menganggap ini adalah sebuah omongan muluk, karena gak bisa korup, "Ah itu yang omong anti korupsi adalah orang-orang yang tak bisa korup, maka ngelantur, sakit ati, dengki, coba kalau mereka dikasih jabatan, pasti ya korup juga," begitu biasanya orang bilang.
Maaf, jika kita tetap yakin bahwa semua kita adalah koruptor potensial, seperti skeptis diatas, maka dalam hati kita kecil kita seolah meyakini bahwa siapa saja jika ada kesempatan akan korup, karena saking sekeptiknya menduga-duga apakah korupsi adalah gerak refleks dan dambaan bawah sadar kita.
Oke, kalau itu dead wish kita bersama dan keyakinan kita bersama ya.. kita akan segera mencapai angka 120 dunia, kemudian 130 dunia, karena kita abai dan tetap mendamba bisa lebih korup lagi dan bukan tak mungkin akhirnya kita ada di kisaran ranking 170 negara terkorup dunia, dimana hanya ada sisa 20 negara lagi yang korupsinya diatas kita. he he he.. asik bukan ? (*)