cari kata

Minggu, 15 Januari 2017

Lontong Kupang dan Sate Kerang



Pada awal Januari 2017 ini saya mengunjungi kota kelahiran saya, Surabaya.
Di Kota Surabaya dan sekitarnya, saya selalu mengunjungi tempat kuliner khas Surabaya, terutama tempat-tempat kuliner yang menjual sajian menu Lontong Kupang dan Sate Kerang.

Tempat pertama yang saya selalu coba rasakan sensasi makan Kupang adalah di Pantai Kenjeran Surabaya. 

Di pantai ini kita bisa menikmati sajian kuliner Lontong Kupang dan Sate Kerang sembari menikmati pemandangan pantai dan laut di Pantai Kenjeran sebagai pantai ikonik Surabaya ini.

Di pantai ini sangat menyenangkan untuk anak-anak karena terdapat banyak permainan untuk anak-anak, juga banyak  penjual yang menjual aneka cendera mata khas pantai Kenjeran, Surabaya.

Kita juga bisa menyewa perahu motor untuk pergi ke gosong pasir di lepas pantai  Kenjeran.

Rasa Kupang di pantai Kenjeran ini amat khas dengan ditemani Sate Kerang plus minumannya adalah Es Degan.

Bagi para penggemar kuliner Lontong Kupang dan Sate Kerang, terutama para penggemar yang sudah fanatik dengan menu kuliner yang satu ini akan selalu ingin merasakan nikmatnya makan Kupang.

Kupang yaitu sejenis remis atau  moluska kecil yang biasa hidup di lepas pantai. Biasanya menempel di bebatuan. 

Kupang ini telah ditangkarkan oleh nelayan dengan cara memasang bilah bambu di lepas pantai agar Kupang mau menempel di perairan pinggir pantai.

Kupang ini tidak hidup di pantai Kenjeran, melainkan berasal dari pinggiran pantai di kawasan lain semisal di Sidoarjo.

Puas menikmati Lontong Kupang di Sidoarjo, saya pun belalih menuju ke Sidoajo, untuk apa ?

Ya untuk apa lagi kalau bukan untuk makan Kupang.

 Kupang di Sidoarjo ini juga amat khas rasanya, sehingga penikmat Lontong Kupang dan Sate Kerang seperti saya ini selalau ingin merasakan sensasi nikmatnya sepiring mungkin dua piring sajian menu Lontong Kupang dan Sate Kerang yang rasanya amat khas di lidah ini.

Bagi orang-orang yang telanjur menyukai sajian menu Lontong Kupang dan Sate Kerang, mkaka kami selalu teringat akan rasa sajian menu Lontong Kupang dan Sate Kerang ini.

Hampir sama dengan di pantai Kenjeran, para penjual menu Lontong Kupang dan saet Kerang di Sidoarjo ini juga melengkapi  menu Lontong Kupang dengan menu Lontong Kupang lengkap. Menu Lontong Kupang lengkap yakni : Lontong + Kupang + lentho + Sate Kerang dan minumnya adalah segelas mungkin dua gelas Es Degan.

Es Degan berfungsi pula untuk menetralkan efek Kupang yang mungkin bagi sebagian orang ‘ tidak tawar’ atau tidak terbiasa, atau biasa disebut mabuk Kupang.

 Namun kalau sudah terbiasa makan Lontong Kupang dan Sate Kerang seperti saya maka Alhamdulillah, saya merasakan hanya kenikmatan saja baik di mulut, maupun setelah kenyang menyantap seporsi hingga mungkin dua porsi Lontong Kupang plus lentho dan Sate Kerangnya.

Begitulah kenang-kenangan yang sudah menjadi tradisi ketika berkunjung pulang ke kampung halaman di Surabaya, Jawa Timur.
(*)








2 komentar:

IDE SUBAGYO mengatakan...

makan lontong kupang sama dengan makan laut, sama dengan dewa dewa sampai melebur laut dengan puncak mahaneru untuk mendapatkan TIRTA AMRTHA . Sepiring lontong kupang disajikan dengan bumbu instant dibawah melekat di piring, petis ( substansi hitam dari tinta gurita sotong) gula sedikit, gerusan bawang putih, cabe rawit,, bathara Syiwa, sebelum minum leburan air laut yang mengenta, Jadi sebelum disantap harus diaduk aduk sendiri kayak Bhatara Syiwa Nilakantha. Cara makan kupang dengan bumbu lain, umpama dengan santan menghilangkan rasa laut, tidak direkomend.

mung pujanarko mengatakan...

yesss Lontong Kupang memang sangat lezat, kuliner khas Surabaya-Sidoarjo Jawa Timur.. mantap ...!

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons