cari kata

Kamis, 16 April 2020

PPWI Gelar Diklat Jurnalistik Online, Hari Kedua Peserta Dapat Materi Penyuntingan Berita





Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menggelar diklat Jurnalistik secara online, via WhatsApp Classroom.  Kegiatan ini diikuti oleh 13 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, NTT dan beberapa daerah lainnya.

Sebagaimana yang katakan Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, belum lama ini, Selasa, (14/04/2020), bahwa tujuan dari kegiatan "Diklat Jurnalistik Corona" ini adalah membekali para peserta tentang Jurnalistik. Kegiatan itu juga dimaksudkan dalam rangka menggalang dana untuk membantu warga masyarakat yang terdampak Covid 19.

“Daripada waktu habis terbuang percuma selama dipaksa tinggal di rumah akibat bencana Covid-19 ini, lebih baik kita belajar sambil beramal. Belajar jurnalistik sambil membantu warga miskin yang terdampak kebijakan stay at home yaa,” ujar Wilson.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak Rabu kemarin, (15/04/2020) dan berakhir pada Jumat, (17/04/2020). Hari ini merupakan hari kedua digelarnya diklat dengan materi yang cukup menarik, yakni penyuntingan berita.

Wilson Lalengke, yang juga sebagai pemateri diklat, menjelaskan secara terperinci terkait teknik penyunting berita, seperti teknik pemenggalan kata, penulisan dan penempatan huruf kapital dan penempatan tanda baca yang benar. Selain itu, para peserta diberikan tugas untuk mengedit artikel secara baik dan benar.

"Kegiatan edit-mengedit artikel terlihat sepeleh sehingga tahap ini sering kita abaikan. Padahal, hampir semua penulis besar mengungkapkan bahwa proses editing adalah sebuah tahapan menulis yang menjadi salah satu kunci sukses mereka menjadi penulis ternama. Editing adalah kunci pertama untuk memprediksi apakah seorang penulis bakal sukses atau tidak", terang Wilson.

Kegiatan ini mendapat pesan dan kesan yang baik serta dihujani berbagai apresiasi, baik dari peserta maupun masyarakat umum. Salah satunya datang dari Yusi Sulfitri peserta asal asal Kalimantan Barat.

"Alhamdulillah dengan diadakannya diklat ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan saya tentang editing artikel. Saya ucapkan apresiasi  dan banyak terimakasih untuk ketua PPWI dan seluruh tim PPWI yang bertugas. Semoga ke depannya tetap jaya dan bermanfaat bagi kita semua. (*Martin)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons