cari kata

Rabu, 03 Juni 2020

10 Tips Hidup Sehat

Ijin saya repost dari wag

Pemantapan Iman, Ilmu dan Amal Soleh, Rabu Tgl 11Syawal 1441H/03/05/20

      T E M A/J U D U L
10 Tips Hidup Sehat Dan Panjang Umur, Terhindar Dari Covid 19 Cara Nabi Muhammad SAW

Ya Ahbabal Kirom,
Kebanyakan orang bilang sehat itu mahal, padahal sebenarnya yang mahal adalah ketika kita sudah sakit, entah sakit ringan atau berat. Karena itu sangat penting bagi setiap orang untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya, sehingga bisa terhindar dari covid 19 atau berbagai  macam penyakit.

Ya Ahbabal Kirom,
Berikut ini ada beberapa tips hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW agar, kita terhindar dari covid 19 atau berbagai macam penyakit, yaitu :

1. *Cepat Tidur Dan Cepat Bangun, Jangan Begadang Bila Tak Ada Perlunya.* Begadang jangan banyak begadang, karna akan merusak badan, pikiran, jiwa, dan mental.
Karna Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal itu yang menyebabkan beliau melarang makan dan berbincang setelah waktu salat isya. Jika waktunya untuk tidur datang, maka beliau akan cepat tidur. Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari kira-kira sesudah istirahat salat isya, yakni sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 2.30 atau jam tiga atau jam empat utk sholat tahajud hingga menjelang waktu subuh.

2. *Istiqomah Berpuasa Sunah.*
Puasa secara tidak langsung dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma dan gangguan saluran pernapasan serta berbagai penyakit lainnya. Puasa dianggap sebagai senjata ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh serta mengatasi penyakit.

3. *Tidak Mudah Marah, Cerdas Mengendalikan Emosional.*
Tingkat kekuatan seseorang tidak terletak pada jasad atau tubuh, melainkan kebersihan jiwa. Tidak mudah marah menunjukkan bahwa kita memiliki kestabilan emosi yang baik, sehingga kita juga tidak akan mudah stres. Ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh. Harus selalu salam, sapa dan senyum. Apalagi kalau dpt kiriman tausiyah yg baik, kita harus tetap tersenyum jangan marah, emosi dan menghitung-hitung sudah berapa kali yah dpt kiriman tausiyah.

4. *Rajin Menjaga Kebersihan Badan, Pakaian, Tempat Dan Makanan.*
Rasulullah senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap hari Kamis atau Jumat beliau memotong kuku, mencukur rambut halus di pipi, mandi dan tidak lupa memakai wewangian serta bersisir setiap hari. Beliau juga selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara bersiwak atau sikat gigi.

5. *Menjaga Pola Makan Sehat, Halal, Thoyyib Dan Tdk Tergesah-Gesah.*
Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, artinya beliau tidak berlebihan dan selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, dan ini terbukti secara medis.

6. *Gemar Berolahraga Dan Beraktifitas.*
Rasulullah pernah melakukan olahraga seperti lomba lari, berkuda, bergulat dan juga memanah. Beliau mengetahui manfaat dan pentingnya olah raga bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

7. *Gemar Berjalan Kaki, Tiada Hari Tanpa Gerak.*
Rasulullah selalu berjalan kaki menuju tempat-tempat yang memang masih bisa ditempuh dengan perjalanan kaki. Seperti saat menuju masjid, menuju pasar, ziarah,  mengunjungi rumah para sahabat dan sebagainya. Berjalan kaki dapat membuat kita berkeringat sehingga pori-pori tubuh terbuka dan melancarkan peredaran darah.

8. *Gemar Bersodaqah, Menolong, Membantu Dan Memberi.*
Saat kita memberi kpd pertolongan kpd seseorang, berarti kita sedang mengeluarkan toksin-toksin negartif pada dirinya. Semangkin sering membantu, akan bersih toksin-toksin negatif pada dirinya.

9. *Selalu berdoa mohon kesehatan.*
Tidak ada yg bisa merubah takdir, ketetapan, ketentuan dalam hidup, kecuali dg berdoa.

Oleh karna itu berdoalah minta kesehatan, keselamatan dan kebahagian hidup dunia akhirat.

10. *Perbanyak Silaturahmi Atau Silaturahim.*
Wallahu'alam.

penulis: Ustadz Sulaiman (Polres Jkr Brt)
editor: Firdaus

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons