cari kata

Senin, 18 Juni 2012

Rumpun Pisang Varigata


Saya menyukai jenis Pisang Varigata (Musa varigata). Karena yang pertama rasa buah pisang ini manis. Yang kedua, karena warna daun pisang varigata ini unik. Saya mulai menanam tahun 2012.  Bisa dilihat, warna Hijau pada daunnya bergradasi, mulai dari  hijau tua,  belang hijau muda dan belang putih. Bahkan ada yang putih polos dalam sehelai daunnya.
Di pekarangan, saya cuma menanam satu rumpun saja. Mulanya hanya satu pohon, kemudian beranak jadi satu rumpun.

gradasi warna rumpun pisang varigata, memberi corak tersendiri di pekarangan


satu rumpun pisang varigata, ada yang warnanya putih polos (lihat kanan)

warna gradasi hijau daun pisang varigata

buahnya belum bisa difoto

yang sudah berbuah, rasa buahnya manis

kalau lihat warna daun yang putih polos (kanan), berarti klorofilnya amat sedikit, hampir tak ada, foto tahun 2012

Buah varigata belang sesuai warna daun, foto diambil tgl 19/3/2014


Buah varigata difoto tgl 19-03-2014

 Ketiga foto buah di atas saya upload tanggal 19/03/2014, karena baru berbuah. Memang sempat berbuah sekali, pada tahun 2012, kemudian hampir berbuah tahun 2013 tapi rubuh  karena terpaan angin kencang. Jadi pohon ini memang punya kelemahan, tak tahan angin, dan jarang berbuah, bayangkan setelah 2 tahun tanaman di pekarangan ini, baru berbuah lagi. Lama sekali menunggunya. Tapi apa mau dikata karena anakan generasi sebelumnya rubuh terkena angin kencang yang biasa melanda Bogor.

Anakan pisang ini pun semakin jarang, karena juga rentan penyakit cendawan. Maka untuk rekan blogger yang meminta bibitnya, saya minta maaf belum dapat memberikan anakannya, karena anakannnya juga semakin jarang.



Begitulah, ada beberapa jenis tanaman yang saya sukai yang sengaja saya tanam di pekarangan rumah. Mulai dari aneka Srikaya,  Jambu bol dan biji, juga di sebelah pisang saya tanam Kumis Kucing.
Sedangkan untuk rambutan,ada anakan Rambutan Pulasan. Insya Allah, akan saya naikkan ke blog saya ini juga.

Tulisan ini selain untuk kenangan arsip saya pribadi, juga tulisan ini adalah untuk semua warga yang gemar menanam di pekarangan, tak peduli luasnya. Yang penting ada pekarangan ya tanam apa saja yang kita sukai. Bila tak ada pekarangan, apartemen, ya tanam saja hidroponik kembang atau kaktus, ini bikin kita senang. Saya tak tahu persis kenapa tanaman bikin bahagia, tapi menanam tanaman membuat senang hati. Itu saja.

tekstur warna daun

white leaf, april 2014

white leaf, april 2014

tekstur buah april 2014

white leaf, april 2014

white leaf, april 2014, tekstur


Menanam tanaman buah di pekarangan sejatinya adalah upaya rakyat kecil untuk bisa menikmati buah yang telah diberikan Tuhan YME di bumi Nusantara ini. Jutaan orang di Indonesia baik di Kota dan di Desa juga menanam tanaman buah dan tanaman yang mereka pilih untuk memberikan manfaat dan untuk disyukuri sebagai  kemurahan Tuhan YME (*)

Update posting Bulan Februari 2020






Alhamdulillah pisang varigata di halaman survive dari musim kering th 2019 yg panjang di Bogor.

Bulan februari 2020 berbuah.





11 komentar:

Anonim mengatakan...

bisa tau dimana alamatnya mas??? saya di 0856 4244 4442

Unknown mengatakan...

mau dong bibitnya Pak...
secowel tunasnya aja,, :-)

Anonim mengatakan...

Mau donk bobotnya 0852 5981 9140

tok ki cheh mengatakan...

tuan kalau dipos ke malaysia bibitnya boleh kah

tok ki cheh mengatakan...

tuan kalau dipos ke malaysia bibitnya boleh kah

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum...pak kalau mau beli bibitnya bisa ga?

Unknown mengatakan...

Mau beli bibitnya dong pak
082113158060

M. Rohmat Nurhadi mengatakan...

Bibitny berapa

Cemani Cileungsi mengatakan...

Mau dong bibit ya pak
087874027732

Unknown mengatakan...

Boleh pesan bibitnya pak?

Unknown mengatakan...

Pak apa bisa pesan buah pisang varigatanya?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons