cari kata

Senin, 05 Oktober 2015

Mahasiswa dan Dosen FISIP Perdalam Jurnalisme Warga



Peserta pelatihan jurnalisme mengikuti acara diklat Jurnalisme Warga di ruang laboratorium FISIP UNIDA, Senin (5/10)



Dengan difasilitasi oleh PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) sejumlah 10 orang mahasiswa dan 5 orang dosen FISIP Universitas Djuanda Bogor melakukan pelatihan Jurnalisme warga. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan teknik penulisan dan pengambilan gambar untuk seorang citizen Jurnalis dan juga diharapkan berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya di bidang media massa.


Menurut salah seorang peserta yakni Wira (20) yang merupakan mahasiswa FISIP semester 5 jurusan Administrasi Negara mengatakan bahwa dirinya tertarik untuk mengikuti pelatihan ini karena materi yang diberikan berupa jurnalisme warga.

“Saya terus terang saja ingin memperdalam tentang jurnalistik agar bisa memahami ilmu tentang media massa,” ujar Wira yang ditemui di ruang laboratorium FISIP Unida  hari senin (5/10).


Selain itu rekan mahasiswa yang lain bernama Dinar (20) menyatakan pula ketertarikannya untuk menambah wawasan dalam ilmu media massa terutama tentang citizen Jurnalisme

dari ki-ka Mung Pujanarko (berdiri) Yosef Ferdyana (berdiri menunjuk layar), Ryan (duduk) panitia dari PPWI dan Wilson Lalengke dalam acara Diklat Jurnalisme warga di FISIP UNIDA 5-6 Oktober 2015


Dalam pelatihan ini narasumber yakni Wilson Lalengke menegaskan bahwa barang siapa yang menguasai informasi maka dirinya dapat menguasai dunia.

“Paradigma media massa sekarang sudah bergeser kepada peran aktif masyarakat sendiri sebagai pengolah informasi yang secara bebas dapat menciptakan informasi secara mandiri,” ujar Wilson dalam acara tersebut.

Nara Sumber lainnya yakni Mung Pujanarko menekankan pentingnya disiplin dalam membuat dokumentasi baik tulisan dan dokumentasi foto.

Sedangkan nara sumber Yosef Ferdyana memberika materi fotografi, serta Ryan selaku panitia bertugas untuk menjadi mentor dalam tugas-tugas jurnalistik pada para mahasiswa UNIDA Bogor. (imung)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons