cari kata

Selasa, 04 Agustus 2020

Perkakas yang bisa disimpan di rumah untuk Pekerjaan di Rumah

Ada pepatah kuno tentang alat (tools) : "Lebih baik prepare /tersedia/punya/ada alat namun tidak pernah dipakai, daripada tidak prepare saat diperlukan"


Menurut hemat saya, saya akan lebih siap siaga untuk melakukan berbagai pekerjaan di rumah baik itu perbaikan atau pemasangan aneka barang,  jika di rumah setidaknya minimal kudu ada beragam koleksi 
jenis alat perkakas standar untuk memudahkan pekerjaan rumah yang urgen. 



Beragam jenis tipe perkakas atau alat-alat itu  sebaiknya dipilih yang awet agar tahan lama dan handal, antara lain yaitu :

1. Bor Listrik

Bagi saya bor listrik banyak gunanya di rumah. Bor listrik bisa membuat mudah banyak pekerjaan yang perlu di rumah.


2. Palu

Saya yakin banyak yang kesengsem dengan palu dalam arti menyukai palu sebagai alat yang handal untuk memudahkan aneka pekerjaan reparasi atau pemasangan perabotan di rumah.  Koleksi aneka tipe palu yang bagus dan handal akan memudahkan banyak pekerjaan. Pilihlah yang kuat, tidak mudah lepas kepala palunya. 


2. Obeng 

Obeng merupakan perkakas mutlak yang kudu tersedia di rumah, aneka type obeng sebaiknya tersedia di rumah baik obeng flathead (-) atau obeng kembang (+). Bahkan obeng ratchet juga perlu.


2.  Tang 

Tang adalah alat yang serbaguna, ada tang kombinasi, tang potong, tang cucut dan berbagai type tang, makin banyak koleksi tang yang lengkap dari berbagai macam type, maka makin mudah pekerjaan di rumah.


3. Gergaji

Baik itu gergaji besi atau gergaji kayu sebaiknya tersimpan rapi di rumah.

4. Ukuran meter

Meteran penting ada di rumah tersimpan rapi.

5. Kunci pas set
 
Kunci pas set penting untuk aneka perbaikan otomotif yang perlu di rumah, juga aneka pekerjaan lainnya. Termasuk kunci socket atau kunci sok juga penting dalam kategori kunci pas set. Khusus untuk kunci pas set, pilihlah jangan yang tanggung, pilihlah merek yang baik, kualitas yang baik meski harganya lebih mahal. Namun dengan pilihan merek yang terkenal baik, maka hal ini menghemat untuk selamanya.


6. Kunci inggris

Kunci inggris atau adjustable wrench juga sebaiknya dimiliki di rumah. Termasuk kunci pipa yang bentuknya mirip kunci inggris.

 7. kunci L

Kunci L atau hex key banyak gunanya.

 8. Testpen 

Menurut saya testpen wajib ada di rumah atau di kendaraan karena vital untuk mengecek ada tidaknya arus listrik yang mengalir.


9. Senter (vital)

Senter atau flashlight bagi saya yang flashaholic ini penting ada melekat di mana saja kita berada. Khusus untuk senter banyak yang mahal, namun saya gunakan merek-merek yang menengah saja, toh terang juga untuk darurat.




 10. Gunting 

Gunting yang bagus dan kuat sangat diperlukan di rumah,  bahkan beragam jenis gunting seperti gunting kabel, gunting tactical, gunting dapur. Gunting adalah Penting.


11. Tangga 

Tangga yang baik dan kuat dari tangga 2 kaki aluminium penting ada di rumah.

12. Kunci Pipa


Kunci pembuka pipa ini penting ada di rumah. Alat ini berguna untuk mengganti sok pipa keran.

Perlatan-peralatan ini dalam rangka untuk mempermudah cara hidup di rumah, upayakan membeli perkakas "sekali beli untuk selamanya". 

Pilihlah yang merek kualitasnya bagus biarpun mahal, karena prinsip untuk perkakas yang baik adalah "sekali punya, sekali beli untuk selamanya" pilih awet namun mahal daripada harga murah tapi kualitas rendah. 








Kemudian jaga simpan dan pelihara perkakas, jangan gampang pinjamkan perkakas jika kemungkinan besar takkan kembali lagi. Terimakasih 🤝

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons