cari kata

Jumat, 10 November 2023

10 November Hari Pahlawan

 

Ayah saya dan adik saya berziarah di makam pak Gumbrek (Goembrek)


Hari ini 10 november 2023

Kembali mengenang ke masa 10 november 1945 arek-arek suroboyo berontak melawan belanda yang membonceng sekutu.

Belanda datang ke surabaya 10 nov 1945 ya ingin balik menjajah kembali dengan pongahnya.

Tapi bangsa Indonesia sudah muak dijajah, lebih baik mati daripada dijajah kembali. Merdeka atoe Mati itulah semboyan jaman 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan.

Ada salah satu pahlawan yang gugur pada bulan november 1945 di Surabaya, yang hari ini 10 november 2023 makamnya diziarahi oleh ayah saya dan adik saya di Surabaya.

Pahlawan itu bernama pak Goembrek, atau Pak Gumbrek. Pak Gumbrek ini prajurit pemberani. Pak Gumbrek gugur pada bulan november 1945. Pak Gumbrek merupakan rekan seperjuangan kakaknya ayah saya.

Pada waktu 10 nov 1945 ayah saya yg lahir 1938 masih berusia 7 tahunan. Tapi jaman perang dan pengungsian dari surabaya keluar kota surabaya, karena kota surabaya saat itu dibombardir sekutu itu masih lekat dalam ingatan ayah saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons