cari kata

Senin, 20 November 2023

Mahasiswa Jurnalistik Jayabaya Belajar Quick News

 

 


 

Zoom - Terhitung terdapat duapuluh satu orang mahasiswa konsentrasi ilmu jurnalistik Fikom Jayabaya tahun akademik 2023/2024 yang menempuh mata kuliah Jurnalistik Online. 

Dalam perkuliahan yang menggunakan ruang virtual zoom ini, para mahasiswa mengikuti sesi mata kuliah jurnalistik online secara daring pada hari Senin (20/11/2023). 

Dalam mata kuliah ini, dosen pengampu Mung Pujanarko, M.I.Kom menjelaskan bahwa untuk membuat quick news sebenarnya mendahului kemampuan AI (artificial intelligence) dalam penyusunan sebuah news atau berita. Artinya, jika tidak ada news (berita) yang terbaru, maka AI tidak bisa menyusun berita berdasarkan 5W dan 1H.

 Contoh ketika berita ini dibuat, maka AI tidak bisa memprediksi dan menyusun berita yang saat ini sedang dibuat serta disusun. AI hanya bisa meniru ketika data sebuah peristiwa sudah lengkap.

 Pada pembuatan quick news hari Senin (20/11)  ini, para mahasiswa bisa mengikuti praktik yang ditunjukkan oleh dosen tentang cara teknik bagimana seorang jurnalis online sedang membuat  laporan beritanya secara live.

“Penting untuk selalu berpegang pada fakta dan data serta disiplin 5W dan 1 H dalam penyusunan berita," ujar Mung.

Dalam ruang virtual zoom sebanyak 21 orang tercatat yang absen adalah  delapan belas mahasiswa. 




Dari delapan belas mahasiswa ini terdiri dari angkatan 2020 dan angkatan 2021. Kelak nantinya para mahasiswa diharapkan mampu membuat quick news, juga aneka produk jurnalistik secara cepat dan akurat. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons