cari kata

Jumat, 28 November 2014

Taman Nasional Gunung Salak



Melakukan wisata atau rekreasi sebenarnya harus sering-sering kita lakukan. Alasan pertama karena kegiatan rekreasi sangat menyenangkan, dan yang kedua kita bisa melihat tempat pariwisata yang mungkin selama ini hanya kita baca atau saksikan fotonya saja.

Pada hari Minggu (23/11) lalu saya menyempatkan diri bersama keluarga berwisata ke Taman Nasional Gunung Salak Halimun,  dengan mengambil rute Jalan Kemang Raya (saya menempuh rute jalan tembus Kec Kemang-Ciampea, melalui Kecamatan Kemang Bogor) kemudian ke Jalan Raya Ciampea – Pasar Ciampea – Arah Gunung Bunder – Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau populer juga dengan sebutan wisata Gunung Bunder-Bogor.

Kebetulan saya tinggal/berdomisili di kecamatan Kemang, kabupaten Bogor jadi dari arah rumah langsung ke ambil arah ke kanan menuju ke pasar Ciampea.

Saya pikir, selama 7 tahun lebih saya tinggal di kecamatan Kemang, baru kali ini saya jalan-jalan ke kawasan Gunung Bunder, padahal letaknya dari rumah tidak jauh, karena jarak antara kecamatan Kemang dan kecamatan Ciampea relatif dekat, dan waktu tempuhnya juga  2 jam kurang sudah sampai ke lokasi Taman Nasional Gunung Salak Halimun/ Gunung Bunder, dengan menghitung lama kemacetan di Pasar Ciampea.

Anak saya dan temannya di pemnadian air panas Taman Nasional Gunung Salak Halimun



Santai dulu sambil ngeteh di kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun- Bogor


Di Kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun ini ada beberapa air terjun, atau curug, yaitu Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Cihurang, Curug Seribu, dan Curug Cigamea, dan saya memilih langsung ke pusat sumber air panas bernama Cipanas di Kawasan Taman nasional ini.

Saya berkesempatan berendam air hangat belerang di kawasan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak) ini atau dikenal juga dengan nama Gunung Salak Endah. Terasa nyaman di badan dan menyehatkan jasmani dan segarkan pikiran kita.




Catatan di blog ini hanyalah sekelumit dokumentasi artikel saya saja, karena ternyata menulis artikel travelling atau wisata itu tidaklah mudah.

Mungkin kita semua pernah berwisata, hingga ke daerah-daerah yang eksotis, dan terpencil, namun sangat sedikit diantara wisatawan yang mau dan mampu menuliskan catatan artikel travelling nya.

Bagi para blogger yang sanggup menulis perjalanan wisatanya, dan sudah sering saya baca milik para blogger semua, saya sungguh mengacungi jempol, karena ada kalanya hambatan khas kita saat menulis perjalanan wisata adalah, : malasnya kita menuliskannya. Setelah pulang wisata ya enaknya makan, tidur atau jalan-jalan atau mempersiapkan diri untuk pekerjaan keesokan harinya, setelah liburan usai.

Setelah musim liburan usai sangat sedikit orang yang menyempatkan diri untuk menulis catatan perjalanannya, kendalanya umumnya adalah : malas dan segan.

Jadi alangkah sayangnya foto-foto yang telah kita buat jika kita tidak memiliki catatan tentang perjalanan wisata kita.  Sayang bagaimana ? Menurut saya sayang karena ingatan kita terbatas akan peristiwa yang pernah kita alami, dan jika itu adalah sebuah event wisata, maka kemampuan kita menceritakan wisata kita adalah terbentur dengan banyaknya kendala dalam penulisannya.
Misalnya bagaimana cara kita menceritakan wisata kita ? dengan sudut pandang orang pertama, atau laporan berita ?

Belum lagi jika kita merasa tidak jago bercerita, takutnya malah nanti jadi membosankan jika dibaca orang.
Inilah mengapa jika kebanyakan orang lebih nyaman menulis 140 karakter di arena micro blogging plus foto, atau cukup unggah di media chat, hanya dua tiga kalimat, sudah. Yang penting ada foto, terus kawan-kawan kita tahu pameran gallery kita waktu jalan-jalan, dapat komentar positif, maka energi positif bertambah, dengan kata lain di arena micro blogging banyak orang 'kehausan energi', mendambakan  respon 'energi' komentar dari yang sudah mereka kenal  saja.




Sebenarnya kita tidak perlu kecil hati merasa tulisan kita buruk, tulis saja apa adanya dengan bahasa yang kita bisa. Karena bagi pembaca yang penting adalah informasi dan rujukan perjalanan wisata anda bisa menjadi bahan bacaan bagi para pembaca secara luas dan lebih inklusif tidak terbatas pada sekadar sharing info pada para kawan, follower dan member saja. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons