cari kata

Selasa, 03 April 2012

Komunikasi Internal Pemakai Narkoba

  Pelaku  penyalah guna narkotika berbahaya sudah seharusnya  berusaha atau dibantu berusaha untuk memperbaiki proses komunikasi intra personal, atau komunikasi interen dengan dirinya sendiri. Proses komunikasi seperti yang kita kenal ada dua ; interpersonal antara lawan bicara dan intrapersonal (dalam diri pribadi). Aspek komunikasi intrapersonal ini nyatanya lebih sulit dari pada komunikasi inter personal yang juga sudah cukup sulit sebenarnya.

   Dalam diri pelaku penyalah guna narkoba, terjadi kegagalan proses komunikasi interpersonal dan intrapersonal sekaligus. Oleh sebab kegagalan proses komunikasi internal itu maka pelaku kemudian antara lain kemudian berkompensasi dengan menyalah gunakan narkotika.

  Problemnya kini muncul narkotika baru dengan bahan-bahan baru yang dikenal sebagai : designer drug.
 Designer  drugs yang dikenal antara lain fentanyl, ketamine, LSD, PCP, quaaludes, methcathinone, dan GHB (gammahydroxy butyrate). Designer drugs adalah komposisi kimia narkotika yang hampir sama dengan jenis narkotika lama, tapi sudah di desain kembali, dibuat turunan-turunan rumus kimiawinya oleh ahli-ahli kimia fabricated, sehingga menjadi aneka produk produk narkotika turunan, untuk mengecoh hukum.

Keterangan resmi dari UNODC (United Nations Office on Drugs and Crime) atau badan PBB urusan Narkotika dan Kejahatan menerangkan dalam situsnya https://www.unodc.org/unodc/en/frontpage/2012/November/tracking-designer-drugs-legal-highs-and-bath-salts.html
 Bahwa designer drugs kini mencakup banyak macam dan jenisnya, data yang dilansir UNODC menyebutkan bahwa pada tahun 2011, 42 persen dari 128 laboratorium dari 48 negara melaporkan zat psikoaktif baru, sejenis cathinones, dan sebagian besar sintetis seperti mephedrone "m-cat" dan "bubbles" atau methylenedixoypyrovalerone (MDPV,  bernama pasar "ivory wave" and "cloud 9". Ada pula jenis Cannabinoids sintetik (sering dijual sebagai "spice" atau"K2").  
Cannabis sintetik disebut juga spice termasuk designer drugs, foto http://1.bp.blogspot.com

Cannabis sintetik disebut juga K2 termasuk jenis designer drug, wajib diwaspadai masuk di Indonesia, foto :http://i.huffpost.com

Meskipun munculnya Piperazine sebagai turunan baru ecstasy (MDMA), tampaknya sedikit menurun pada tahun 2011. Tapi para pemadat kambuhan yang jumlahnya jutaan orang akan selalu menemukan dan menyalahgunakan narkoba jenis baru sampai dunia kiamat.
designer drug, sumber foto : teens.drugabuse.gov

Designer drugs sumber foto : www.addictionpregnancy.ca

Pembaca sebenarnya kita tidak perlu gumun atau takjub dengan adanya narkoba jenis baru yang disalahgunakan. Bahkan kemudian panik di media sosial, sok sibuk komentar kalau ada narkoba jenis baru yang diduga dipakai selebritis segala macam. Saudara yang budiman, narkoba jenis paling baru pasti akan selalu muncul di dunia ini, dan akan selalu disalahgunakan para penggemar kenikmatan teler, karena sebenarnya kalau niat orangnya memang sudah mau teler, maka apapun bisa dibuat 'on', coba anda cek di situs wikipedia di http://en.wikipedia.org/wiki/Designer_drug. Haduh di wikipedia itu disebut ratusan jenis narkoba jenis baru. Teler/mabuk dan menyalahgunakan narkoba adalah jelas perbuatan hina, tak perlu diglamorkan, apalagi meniru-niru selebritas yang telah digrebek, kaitan narkoba jenis baru yang belum ada undang-undangnya. Untuk Cathinone bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Cathinone. Cathinone ini sudah diatur dalam UU No 35 tahun 2009, lampiran 1 daftar narkotika urutan 39.

Jadi sekali lagi ga perlu heran, takjub, gumun melihat semakin lama makin banyak saja narkoba jenis yang baru dikenal publik. Apalagi berdecak sambil geleng-geleng kepala melihat ada selebritis yang diduga sudah pakai narkoba jenis yang baru dikenal publik. Maka itu cobalah bijak, ga usah terlalu melongo (ndlongop), trus heran, apalagi malah cari ke sana-kemari untuk meniru selebritis yang digrebek pakai narkoba jenis baru, karena itu hanya urusan orang yang mau teler atau have fun dengan obat, lain tidak.

Yang patut diwaspadai cuma agar jangan sampai keluarga kita menjadi penyalah guna narkoba / pemadat aja. Yang saya sedikit khawatirkan adalah karena di dunia ini selalu muncul narkoba jenis baru, lalu anak-anak muda karena ingin 'taste' jadi selebriti lantas panik cari narkoba yang ga ada undang-undangnya. Saudara, mau ada undang-undangnya atau tidak, menyalah-gunakan narkoba  atau mabuk dengan bebasnya pakai zat apa saja, pasti tertangkap dan masuk penjara. Karena saya yakin orang mabuk (pakai zat apa saja) itu mengganggu ketertiban umum, dalam permainan monopoli saja ada aturan "mabuk di muka umum, masuk penjara, menunggu 2X putaran".
  
Sejatinya, 'perjuangan' manusia untuk teler, panjang sejarahnya. Dalam sejarahnya, narkotika sudah dikenal manusia sejak jaman awal manusia ada di muka bumi ini. Bahkan 20.000 tahun yang lalu manusia gua (caveman) sudah mengenal adanya magic mushroom yakni nama lain dari psilocybin mushrooms, jamur yang bisa membuat orang teler atau fly.

Kemudian dengan cepat, manusia di berbagai belahan dunia menemukan aneka macam tanaman yang bisa membuatnya mengalami halusinogenik, teler. Tujuan manusia di awal masa ini, adalah untuk mencapai dimensi lain yang dianggapnya alam spirit.

Padahal sejatinya otaknya-lah  yang telah dipengaruhi oleh zat aktif yang ada dalam berbagai tanaman yang bisa menghantarkan manusia mengalami halusinasi.
Sekarang jutaan orang di Indonesia 'berjuang' bahkan dibelain sampai melanggar hukum, hanya untuk mencapai derajat teler. Entah itu pakai alkohol (miras), dan aneka kimia sampa lem, aneka jenis obat bahkan obat batuk pun dipakai teler. Pokoknya jika hanya ingin mencapai derajat teler, maka dengan barang apa saja bisa. Teler adalah keadaan dimana orang memacu otaknya untuk mengeluarkan zat-zat yang menimbulkan efek-efek tertentu antara lain, : melayang, senang, gembira, tenang, have fun, bersemangat (euforia) dan hal-hal yang indah-indah sembari melupakan dunia yang keras.

Sekitar tahun 4000 tahun sebelum masehi di timur tengah dan asia tengah telah dikenal adanya tanaman  cannabis (ganja) yang kemudian getahnya diekstrak sehingga dapat menghantarkan manusia mencapai derajat teler yang luar biasa, yakni : hashis.

Dari kata ‘hashis’ ini pula kemudian muncul kata assassin dalam bahasa Inggris yang berarti pembunuh.  Jadi konon seorang  yang telah merasakan hashis sanggup disuruh membunuh, hanya untuk merasakan hashis lagi yang telah membawanya ke kondisi nikmat berlebihan. Seorang yang telah memakai hashis merasa dirinya sedang ada di nirwana, maka itu dia relah disuruh apapun juga termasuk membunuh untuk dapat memakai hashis.

Sudahlah, cukup, kalau mau teler aja, atau orang mau have fun dengan penyalah gunaan narkoba, maka orang itu mau pakai zat apa saja ya bisa teler, bisa have fun. Mau pakai zat lama atau zat baru, yang pasti kalau dia gemar teler dan have fun dengan salah-gunakan narkoba, ya nemu aja caranya agar have fun, tak perlu heran deh.

Namun yang saya bahas adalah bahwa konten komunikasi intra personal pemadat adalah melulu keinginan yang kuat untuk nikmat, dan kalau sudah nikmat, ingin nikmat itu ditambah terus, dengan kata lain sudah enak, ingin lebih enak lagi, dan lebih enak, lagi dan lebih enak lagi untuk dirasakan dalam hidupnya. Seterusnya begitu, inilah yang disebut kecanduan.

Karena dalam komunikasi internal seorang pelaku pemadat dan penyalah guna narkotika intinya dia ingin mencapai derajat enak/nikmat dan stamina on yang luar biasa.

Rasa enak dan tidak enak, dikontrol oleh otak.  Pelaku penyalah guna narkoba tinggal memacu otaknya untuk mengeluarkan zat-zat kimiawi yang mebuatnya merasa nikmat.  Namun celakanya banyak diantara pelaku narkotika yang tampil bak pahlawan karena mengaku menjadi korban kecanduan saja, korban dari kondisi psiko-sosial yang dihadapinya, dan akhirnya pelaku pecandu mengaku lemah daya tahannya terhadap sistem sosial yang ada pada sebuah sistem berbangsa dan bermasyarakat.

Apapun dalihnya, otak yang sering dipakai teler, otak yang sering diserbu stimulan obat narkotika, tentu tidak sehat. Tapi pecandu merasa punya hak untuk merusak dirinya sendiri. Akhirnya kita hanya bisa melakukan nasehat kepada orang-orang yang kita cintai di sekitar kita, agar tidak terjerumus dalam lautan  kesengsaraan tak bertepi-mencari kenikmatan melalui salah guna narkotika. Menyalah-gunakan Narkoba efeknya bisa mati seketika, mati sengsara, mati kering, dan mati banyak hutang, atau sakit organ dalam akibat kerusakan organ dalam, dan sakit organ dalam ini dapat mengakibatkan mati pelan-pelan -(dalam masa sakaratul maut yang lama)-, dan saat terbaring dalam sakitnya, pasti akan banyak menyesal pada Tuhan. (*)

"Lautan penyalahgunaan narkoba tiada bertepi, menepilah sebelum terlambat"


(Oleh : Mung Pujanarko, S.Sos, M,Ikom)

Rabu, 28 Maret 2012

Silent Majority dan Floating Mass

Sebagai pelajar ilmu komunikasi massa,  harus mempelajari lebih dalam tentang massa itu sendiri. Massa, publik, rakyat secara singkat adalah sekumpulan individu yang memiliki resepsi kognitif beragam namun dapat terpola.
Pada saat dulu jaman orde baru, silent majority dikenal, karena slogan  : ‘politik no, pembangunan yes’. Dengan manajemen orde baru yang militeristik,  rakyat  cenderung memilih sikap silent atau diam. Identitas politik individu pada rakyat tidak terlalu ditonjolkan oleh rakyat, dan rakyat memilih kemapanan hidup, stabilitas ekonomi keluarga dengan cara mengejar ekonomi dan bekerja untuk memenuhi nafkah masing-masing.
Romantika revolusi yang dibawa orde lama tidak ada lagi setelah benturan besar dua ideologi massa saat itu, yakni yang menganut paham sosialis dan menganut paham kapitalis, saling bertabrakan dashyat sehingga korban jiwa jutaan berjatuhan.
 Kemudian rakyat yang tertegun menjadi silent (diam) karena melihat konflik berdarah  yang menghancurkan (devastating)  secara mengerikan dari konflik dua ideologi fundamental di masa geo politik terbagi menjadi dua kutub sosialis dan kapitalis. Di pedesaan terjadi konflik berdarah berbasis tanah, kebetulan tuan tanah pemilik kapital tanah luas adalah  berlatar religi, sementara yang berharap dibagi tanah adalah abangan yang diklaim sebagai pemihak sosialis.
Setelah rakyat melihat betapa mengerikannya benturan dua ideology yang mengacu pada geo politik saat itu, maka saat orde baru mengambil alih kekuasaan, silent majority mulai terbentuk. 
Silent majority ini adalah rakyat yang tidak secara terang-terangan menyatakan sikapnya memihak pada partai politik tertentu. Mayoritas rakyat Indonesia saat orde baru menjadi diam untuk mencari selamat.
Saat orde baru jatuh karena problem moneter serius dan tidak lagi mendapat kepercayaan lembaga finansial internasional,  maka seolah-olah rakyat telah bangkit dari tipologi floating mass menjadi fundamental mass. Padahal bukan. Rakyat pada saat orde baru jatuh sebenarnya tetap menjadi floating mass.
 Orde baru pada hakekatnya jatuh karena uangnya habis, anggaran morat-marit akibat tergerus fluktuasi kurs moneter.  US Dollar yang dibutuhkan untuk membayar hutang luar negeri pemerintah dan swasta melambung  karena, di pasar uang supply US dollar menurun dan demand  untuk US dollar guna membayar hutang meningkat.  Di sisi lain yang mudah terlihat di media massa adalah kiprah mahasiswa menjatuhkan orde baru. Pada hakekatnya ada peran dari mahasiswa, namun peran utama kejatuhan orde baru adalah karena negara-negara donor dan lembaga keuangan internasional tidak lagi memberi kepercayaan pada Orde Baru, pasar keuangan merespon negatif, dan menghargai rupiah murah karena hutang luar negeri yang jatuh tempo harus dibayar dengan US Dollar.
Kini silent majority sebenarnya masih ada. Siapakah  kini silent majority di Indonesia ? jawaban saya adalah : silent majority di Indonesia yang paling mudah terlihat adalah kaum hawa, kaum ibu-ibu dan kaum perempuan yang jumlahnya adalah relatif fifty- fifty dengan kaum laki-laki.  Dalam pemilu misalnya, kaum ibu-ibu ini memiliki mind set sendiri, yang khas mind set wanita secara natural. Wanita menginginkan kemapanan, mendambakan stabilitas keamanan (piramida maslow) dan impian untuk kondisi keluarga yang lebih baik. Pada saat kaum wanita bersama-sama kaum pria pergi ke tempat pemilu, kaum wanita tentu memilki hak suara yang sama dengan kaum pria.
Kaum wanita, ibu-ibu, remaja putri boleh berbeda pendapat dengan suaminya, boleh berbeda pilihan dari sang pria kawannya.  Dalam keluarga, pilihan wanita boleh sah berbeda dengan suaminya.
Kaum wanita secara nature memilih pemimpin dengan kriteria umum yang disukai oleh kaum hawa.
Kriteria itu adalah :
1.Fisik yang gagah
2. Terlihat mampu memberikan perlindungan dan pengayoman.
3.Mengesankan dan kharismatik; yang membentuk alam bawah sadar seorang wanita bahwa inilah pemimpin idola yang sayang keluarga dan adil.
Jadi silent majority pada hakekatnya adalah didominasi oleh kaum perempuan. Meski pria juga banyak yang memilih sebagai silent majority, namun secara maskulin pria bisa lebih bebas menyuarakan pikirannya kepada rekan-rekan sesama pria.
Dan karena jumlah wanita di Indonesia  ini adalah kurang lebih fifty-fifty atau hampir sama dengan jumlah kaum pria. Asumsi yang saya pakai, jumlah pemilih yang mendatangi tempat TPS pun antara perempuan dan lelaki jumlahnya hampir sama.
Saya melihat perempuan pergi ke TPS dengan senyum lebar dan semangat, karena ada perasaan dihargai suaranya, yang mungkin selama ini suaranya minor dan tidak dominan dalam keluarga, serta dalam balutan tradisi kehidupan wanita secara sosial.
Berbeda dengan pemilih lelaki, pemilih lelaki lebih terfraksi atau berbeda kriteria memilih pemimpin. Lelaki pada umumnya juga memilih pemimpin berdasarkan rasio pikiran lelaki yang lebih kompleks. Sementara perempuan memilih pemimpin berdasarkan emosional dan naluri perasaannya sebagai wanita. Perempuan pada umumnya lebih diam dan mengandalkan insting keibuannya guna mencari kedamaian dari sosok pemimpin.
Tidak heran pemimpin yang terpilih adalah sosok yang anteng, maskulin,  lebih tinggi besar, ganteng gagah dan bercitra mengayomi. Pemilihnya adalah mayoritas perempuan. Citra pemimpin dengan kriteria ini sudah ada dalam masyarakat manusia sejak 20.000 tahun yang lalu saat manusia masih hidup dalam puak kecil di gua-gua.
Kini Indonesia tengah dililit persoalan korupsi yang serius, dan pemimpin yang dicitrakan itu mendadak turun citranya karena korupsi membelit orang-orang di sekitar pemimpin itu.
Silent majority masih berlaku dan floating mass masih berlaku.  Floating mass adalah massa yang sengaja mengambangkan dirinya,  karena tidak ingin  mencolok dalam menunjukkan ideologi politiknya. Resiko keamanan telah dialami saat benturan massa yang fundamemtal secara ideologi terjadi di masa lalu.  Dan yang kedua; floating mass terjadi karena rakyat sudah tidak mengenali lagi apa itu ideologi. Ideologi bukan lagi di otak rakyat, namun di perut rakyat. Ideologi adalah sembako dan itu final bagi silent majority, sekaligus yang mendasari langgengnya  floating mass di Indonesia.
Bagi pemerintahan negara dunia ketiga :  selama dunia internasional terutama negara-negara donor masih mempercayai administrasi sebuah pemerintahan di negara dunia ketiga, - dimana negara dunia ketiga sebagai penyedia bahan mentah untuk negara maju/donor-, maka dipastikan pemerintahan negara dunia ketiga itu akan baik-baik saja.
Hubungan negara dunia ketiga dan negara adi kuasa dan negara donor telah menjadi faktor hubungan internal, dan bukan lagi faktor hubungan eksternal.

Garis Massa
Indonesia praktis tidak lagi mengenal adanya garis massa. Karena garis massa hanya dikenal pada saat Indonesia baru saja merdeka. Saat romantisme revolusi, garis massa terbentuk. Dan kemudian garis massa menjadi samar dan tidak lagi dianggap penting setelah orde baru berkuasa.  Garis massa adalah sebuah line atau sebuah garis ideology yang dianut secara militan dan mendalam oleh massa yang telah mendapatkan pendidikan politik dari partai politik secara intens.
Saat orde lama,  garis massa menjadi perhatian ilmu politik karena semangat rakyat yang baru saja merdeka masih menggebu-gebu untuk menunjukkan identitas nasionalnya.
Kini massa yang ada adalah  mayoritas floating mass (massa mengambang). Bahkan adanya sentimen parsial di tingkat grass root masih kerap melihat ‘baju’ orang.
Dengan begitu, rakyat Indonesia yang mayoritas lebih memilih damai, dipastikan secara mayoritas lebih baik menjadi massa mengambang daripada berdebat dengan tetangganya yang terlihat lain pakai ‘baju’lain dan tentunya beda pendapat.
Agaknya silent majority dan massa mengambang masih akan terus terjadi di Indonesia karena ideologi sekarang, entah mau pakai baju apa saja, adalah ; mayoritas ber-ideologi merkantilisme, di mana setiap orang secara sah boleh bermimpi akan menjadi pelaku ekonomi yang bertarung di pasar bebas kapital-free market liberal. Survival of the fittest.
Seperti di Amerika bahwa American Dream adalah menjadi impian sah setiap orang, bahkan seorang buruh bekerja secara spartan, karena dalam benaknya dia bermimpi akan berkesempatan menjalani gaya hidup luks. (*)

(oleh :Mung Pujanarko, pernah berkuliah di FISIP Komunikasi Universitas Sam Ratulangi Manado-Sulut, kemudian Tamat S1 Hubungan Internasional FISIP Universias Negeri Jember Jawa Timur, Alumnus Program Magister pada Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.)

Selasa, 27 Maret 2012

Eskalasi Massa CRRRC (2)

Mengamati dari dekat aksi demo terutama di Ibu Kota Jakarta pada hari ini rabu (27/3) ini, terlihat eskalasi massa telah sampai terjadi pembentukan crowd (kerumunan massa) dan masuk pada tahapan rage (kemarahan) serta raid (penyerangan). Durasi akselerasi eskalasi mulai dari awal crowd berkumpul, berorasi sampai dengan memicu rage dan raid berlangsung antara 3-4 jam. Sementara di Makassar, massa terlihat lebih mudah cepat naik eskalasinya dari crowd hingga mencapai tahap rage dan raid membutuhkan waktu kurang dari 3 jam.
Hari rabu (27/3) ini tentu saja menjadi evaluasi baik pihak aparat keamanan yang selalu tekun mengatur strategi, juga wacana bagi pihak pendemo.
Kelemahan pihak pendemo terlihat bahwa ternyata tipologi massa mengambang (floating mass) masih mendominasi para pendemo. Apalagi ada seruan seorang ketua umum sebuah partai besar dimana beliau menarik kembali seruannya untuk mengerahkan massa partai. Ketua umum partai besar ini menarik kembali seruannya dan ganti menyerukan massa partainya agar tidak berdemo turun ke jalan. Saya belum melihat apa alasan politiknya. Kemungkinan seperti yang sudah-sudah Presiden telah memegang sejumlah kartu truf yang membuat ketua umum partai menarik kembali seruan bagi massanya untuk berdemo. Ini demi kepentingan politik, its all about politics at highest level.
Rabu 27/3 ini endurance massa pendemo lumayan kuat bertahan hingga sore hari melaksanakan aksi demonya. Terutama ketahanan elemen mahasiswa yang memang relatif tidak dibebani dengan kewajiban mencari sandang pangan untuk keluarga.
Sementara aksi sporadis buruh terbatas (limited action) karena buruh sendiri juga harus kembali bekerja demi nafkah keluarga.
Aksi demo rabu (27/3) ini eskalasinya berhasil diredam hingga sampai tahap raid terhadap aparat saja. Dan penanganan aparat kemanan dari polri dan beberapa kesatuan tentara yang terlatih baik, saya melihat cukup bagus. Meskipun ada improvisasi dari aparat polisi yang ganti balas melempar batu kepada massa pendemo, dimana hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Karena melihat formasi aparat yang maju teratur sudah mampu mendesak massa pendemo hingga keluar titik demo.
Titik konsentrasi demo menjadi krusial dan penting maknanya bagi massa pendemo, karena assembly point atau titik berkumpul di depan obyek vital simbol itulah yang menjadi golden square atau kotak emas yang memancing publikasi dari media. Jika massa crowd pendemo berhasil didesak keluar dari titik demo yang strategis, maka aksi demo akan kehilangan lokasi strategisnya dan aksi demo menjadi kurang strategis pula untuk mendapat sorotan publikasi.
Sebenarnya dari sudut pandang saya, dari aksi demo inilah terlihat benar profile aparat keamanan. Jika hasil rekrutan bagus maka, gerakan setiap personel pasti terkontrol, sebagai hasil latihan fisik dan mental yang teratur. Saya dapat melihat ketika aparat berhasil mempertahankan formasi (hold the line) dan dengan teratur maju memecah crowd yang sedang naik eskalasinya menjadi raid, hal ini menjadi bentuk kedisiplinan tersendiri dari aparat keamanan yang sudah jauh lebih baik penanganan demo-nya dibanding tahun 1998 saat saya masih menjadi mahasiswa S1 dulu. Sebaiknya dalam demo tahun ini aparat keamanan juga lebih baik dalam memperlakukan setiap mahasiswa yang terjebak dalam formasi aparat.
Tapi jika aparat mudah sekali terpancing emosi, maka sebaiknya ini menjadi bahan evaluasi dari pihak keamanan itu sendiri.
Aksi menolak kenaikan BBM selalu disuarakan rakyat, karena itu masalah BBM adalah masalah sensitif buat rakyat.
Kembali pada aspek demonstasi massa, dalam disiplin ilmu komunikasi massa, interaksi antara aparat keamanan yang berhadapan head to head dengan massa pendemo, masih saling menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan simbol-simbol kekerasan (violence). Saya menyayangkan satu-dua orang mahasiswa yang tertangkap terlihat terang-terangan dihajar oleh beberapa orang aparat keamanan dan diseret untuk diamankan.  Pemandangan ini justru makin menyulut rage dan meningkatkan raid dari crowd.
Dari sisi media massa, adegan-adegan dramatis inilah yang sangat disukai oleh media dan mendatangkan banyak iklan.
Penonton televisi sangat menantikan untuk menyaksikan tayangan demo karena dalam demonstrasi terdapat unsur :
1.    Action
2.    Drama
3.    Adegan violence yang memang disukai oleh audiens.

Tayangan violence selalu mendapatkan rating tinggi di televisi dan memancing penonton dalam jumlah signifikan. Aksi massa pada Rabu (27/4) ini menjadi penting bagi aparat keamanan yang stand by berjaga dan juga para pemikir dari massa pendemo, penting bagi kedua belah pihak untuk bahan evaluasi dan strategi di lapangan.
Dan karena BBM belum naik secara aktual maret-april 2012 ini, maka aksi massa yang terjadi, hanyalah permulaan dari aksi-aksi massa yang kemungkinan akan terjadi lebih besar lagi, dengan dipicu opsi pemerintah yang bebas menaikkan BBM. Saya maklum apabila mahasiswa jadi gemas kepada pemerintah, karena pemerintah terlihat patuh sekali pada mekanisme pasar minyak dunia : minyak dunia naik, pemerintah menaikkan BBM,- pasar minyak dunia turun, pemerintah ikut pula menurunkan BBM. Tidak heran, karena Negara Republik Indonesia memang menganut paham liberalisme di segala bidang.
Untuk itu kita semua sebagai pemerhati ilmu sosial dapat senantiasa mengamati gejala-gejala dalam masyarakat sosial kita. (*)
(oleh Mung Pujanarko : menempuh thesis pada magister jurnalistik,  dan mengajar jurnalistik, pernah menjadi wartawan yang sering meliput aksi demo)

Tipologi Massa dan Eskalasi CRRRC

Massa demonstran di Indonesia relatif tidak memiliki basic kohesivitas yang kuat seperti halnya massa pendemo di Korea Selatan atau Jepang.
Setelah pergolakan tahun 1965 dimana massa yang berbasis sosialis  dibenturkan dengan massa yang berbasis kapitalis, langsung menjadikan massa di Indonesia menjadi massa mengambang (floating mass).
Dalam berbagai aksi demo, terlihat jelas bahwa tipologi floating mass atau massa mengambang  adalah tipologi struktur massa yang membentuk aksi demo.
Di Jepang atau Korea Selatan kita melihat kohesivitas massa begitu kuat. Kita bisa melihat  di televisi  saat buruh dan juga mahasiswa Korea Selatan atau Jepang  berdemo, terlihat kompaknya.
Ini karena massa  Korea Selatan dan Jepang  bukanlah floating mass melainkan berasal dari struktur masyarakat yang satu.  Masyarakat Jepang dan Korea Selatan relatif  tidak terlalu terfragmen dengan suku agama dan ras. Seluruh semenanjung Korea adalah kebanyakan orang Korea, sukunya sama. Orang Jepang juga begitu seluruh Jepang sukunya adalah ras Jepang,  tidak ada fragmen kesukuan yang signifikan. Ada guyonan yang mengatakan kalau pergi ke Korea dan Jepang ya kita ketemunya dengan orang-orang yang sama, artinya orang Jepang yang  rasnya juga homogen.
Sementara di Indonesia, terdiri dari beragam suku yang memiliki adat  dan kebiasaan yang membentuk alam pikiran dan tindakan masing-masing.
Tipologi Massa di Indonesia adalah satu tipologi yakni : massa mengambang (floating mass). Sekali lagi, massa mengambang terjadi setelah benturan dua massa berideologi  fundamental sosialis dan fundamental kapitalis,  berbenturan dengan hebat, yang mengakibatkan jutaan orang menjadi korban. Setelah benturan usai, Orde Baru menikmati menggiring massa yang memang telah mengambang dan tidak punya ideologi yang fundamental lagi.
Masyarakat yang tak punya ideologi dan hanya memiliki  satu jalur pikiran kapitalisme, menjadi massa yang makin mengambang dan renggang.
Dalam aksi demo, terlihat massa mengambang memiliki durasi demo dan endurance yang lebih sedikit daripada massa yang  memiliki ideologi fundamental.
Di Korea dan Jepang meski sama-sama kapitalis, namun pemahaman akan wawasan ideologi kebangsaan berbeda dengan di Indonesia. 
Di Jepang dan Korea Selatan penguasa lebih memiliki niat dan kesadaran untuk tidak melebarkan kesenjangan sosial. Petani dan Buruh sebagai anak bangsa dilindungi, diberi jaminan sosial dan memiliki kebanggaan akan kemajuan teknologinya. Di sisi lainnya, pengusaha kaya dan konglomerat Jepang dan Korea Selatan juga masih memiliki rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, kebanggaan yang sama. Karena itu biarpun dalam aksi demo, terlihat kebanggaan sebagai orang Jepang dan Korea masih tertanam kuat di benak massa. Kebanggaan sebagai citizen (warga negara) Jepang dan Korea Selatan menciptakan kohesivitas massa dalam aksi demo mereka.

Eskalasi CRRRC

Di dalam aksi demo, yang dapat terjadi di mana saja, terdapat kecenderungan Eskalasi Massa CRRRC : (crowd yang dapat berkembangcmenjadi  rage /kemarahan dan selanjutnya dapat bekembang menjadi raid dan kemudian riot/kerusuhan dan terakhir menuju situasi chaos/huru-hara besar) dapat terlihat kecenderungannya.

Ada aksi demo yang hanya sampai tahapan crowd saja kemudian bubar, ada yang sampai tahap rage dan raid kemudian dipadamkan, adapula yang sampai  riot dan chaos, tanpa terlokalisir dengan baik.

Aksi demo yang terjadi pada tipologi massa mengambang (floating mass) biasanya terlihat awalnya bergerak solid menuju tempat demo, namun karena massa pendemo terfragmen menjadi banyak ragam kelompok, maka pendemo sendiri bisa terjebak menjadi saling gesekan dan saling prasangka antar kelompok pendemo. Kohesivitas massa mengambang amat lemah.
Namun adanya provokasi intern dan ekstern yang memancing rage dari massa demonstran mengakibatkan aksi tidak lagi hanya sebatas crowd. Aparat keamanan biasanya telah paham akan ‘panic mass management’. Rage dan raid biasanya cenderung membuat barisan  massa panik dan terurai, tercerai-berai. Dan aparat hanya perlu mengantisipasinya dengan  ‘panic mass management’.

Namun  dalam situasi tertentu, bisa terjadi demo yang diselenggarakan oleh tipologi massa mengambang (floating mass) dapat segera mencapai momentum kuat, dan menuai simpati dari masyarakat luas apabila dalam demo terjadi ‘kecelakaan’ yang mengakibatkan  beberapa orang demonstran menjadi martir.

Dalam aksi demo yang dilakukan oleh gabungan kelompok-kelompok massa, -biarpun dengan kohesivitas awal lemah-, namun bila terjadi situasi gugurnya martir dalam aksi demo, maka seketika dapat segera meningkatkan kohesivitas massa itu  menjadi solid.
Momentum terjadinya fenomena martir dalam  aksi demo, segera membawa opini publik yang berlawanan dengan opini kekuasaan.
Bila opini publik telah menjadi tsunami opini, bisa menerjang kekuasaan dengan cepat.
Untuk itu kita semua sebagai pemerhati imu sosial dapat senantiasa mengamati gejala-gejala (sign) dalam masyarakat sosial kita.

(oleh Mung Pujanarko : pernah bekerja sebagai wartawan 'Surya' Surabaya dan Duta Masyarakat biro Jakarta. Saat itu sebagai wartawan seringkali meliput aksi demo, baik itu demo di depan Istana Negara, demo di Bundaran HI dan tempat-tempat pendemo lainnya. Kini menempuh thesis pada Magister Jurnalistik IISIP Jakarta dan mengajar pada FIKOM Jayabaya dan FISIKOM Unida Bogor)

Senin, 26 Maret 2012

Eskalasi Massa C - R - R - R - C


Crowd, Rage, Raid, Riot, Chaos
adalah urutan dari eskalasi massa. Pengetahuan ini sebaiknya dimengerti oleh segenap pemerhati komunikasi massa.
Dalam ilmu komunikasi massa mahasiswa ilmu komunikasi telah diajarkan sejumlah teori massa. Teori massa (mass theory) kuno yang dikenal manusia dalam sejarah didapat dari para penguasa militer Mesir Kuno 4000 SM. Menurut sejarawan favorit saya Hendrik Van Loon dalam bukunya The History of Mankind (saya punya edisi pertama bukunya terbitan tahun 1926),  mengatakan bahwa bangsa Mesir kuno dengan pimpinan para pharaoh telah sangat memahami teori komunikasi massa, dan teori massa.
Dengan begitu para penguasa mesir kuno bisa membangun piramid dengan mengerahkan tenaga massa yang luar biasa. Diketahui bahwa pembangunan piramid bukan hanya produk kaum kaum budak yahudi di mesir kuno, melainkan juga oleh warga negara mesir yang bebas namun telah dimotivasi dengan komunikasi massa yang baik dari para pharaoh secara turun-temurun memimpin mesir.
Teori Komunikasi Massa ini kemudian dikembangkan oleh bangsa Yunani dengan canon komunikasi Aristoteles. Kemudian dimodernisasi oleh bangsa Aria Jerman di awal abad 20 yang membanggakan dirinya bahwa Aria Uber Alles atau bangsa Aria adalah bangsa yang paling unggul. Josef Goebbels dikenal sebagai komunikator massa Jerman yang ulung.
Dalam eskalasi massa ahli komunikasi Mesir kuno telah memformulakan adanya eskalasi CRRRC atau Crowd (kerumunan) dimana kerumunan  massa atau Crowd ini secara garis lurus dapat berkembang menjadi  Rage (kemarahan) massa dan kemarahan atau Rage berkembang menjadi Raid (penyerangan) dan apabila dibiarkan maka massa akan menuju ke situasi Riot (kerusuhan) dan Riot bila dibiarkan akan menuju ke situasi Chaos.
Eskalasi CRRRC ini lazim dipahami oleh pemerintah di seluruh dunia sekarang ini. Maka itu dalam demo BBM yang marak sekarang ini  pemahaman akan eskalasi massa ini harus dimengerti  oleh kita semua. Bahwa Crowd (kerumunan) massa yang berkumpul  adalah merupakan agregat dari sekumpulan individu. Agregat massa ada dua jenis :
1.Agregat massa teratur (organized)
2Agregat massa tak teratur (non organized)

Agar agregat menjadi kelompok diperlukan kesadaran pada anggota-anggotanya akan ikatan yang sama yang mempersatukan mereka. Kelompok (organisasi, baik organisasi formal dan informal) mempunyai tujuan dan melibatkan interaksi diantara anggota-anggotanya

Sekarang bila kita bicara tentang massa pendemo, memang ada beberapa kelompok pendemo yang terlihat teratur dari organisasi yang teratur, tapi sebenarnya keteraturan kelompok-kelompok massa dalam situasi demonstrasi adalah bersifat fragile (rapuh) dan rentan.
Dalam massa pendemo terjadi noise dalam situasi di dalam diri pendemo dan diluar diri pendemo. Noise itu berasal dari suara megaphone (diktatif) yang disuarakan berulang-ulang dengan volume yang keras agar masuk dalam kesadaran pendemo. Kemudian noise dalam diri pendemo adalah adanya emosi dan disorientasi terhadap situasi yang dirasakan di tengah tekanan massa.
 Ketidakteraturan Crowd  berpotensi untuk tersulut menjadi Rage (kemarahan) kemarahan ini dipicu oleh provokasi baik dari pihak pendemo sendiri maupun dari pihak diluar pendemo yang berinteraksi dengan pendemo. Setelah Rage (kemarahan) yang lazim dinyatakan oleh suara-suara makian dan ajakan penyerangan,  maka yang terjadi menit berikutnya adalah Raid atau penyerangan.
Penyerangan ini bisa berarti melempar batu, sandal, kaleng dan apapun yang bisa digunakan sebagai bahan penyerangan kepada pihak lawan. Dalam bahasa Inggris, pengertian Raid tidak jauh berbeda dengan Assault. Raid dan Assault bisa terjadi secara spontan.
Sasaran Raid dari Crowd secara langsung adalah aparat keamanan yang merepresentasikan sosok pemerintah yang dianggap merugikan, /dianggap memicu demo/ dianggap tidak adil. Jadi semua representasi pemerintah yang dianggap merugikan rakyat  semua melekat pada aparat keamanan baik polisi maupun  tentara yang langsung head-to head berhadapan dengan massa pendemo. 
Dalam  kognisi pendemo / mass / crowd melihat aparat keamanan adalah figure yang keras dan berbicara/berkomunikasi hanya dalam bahasa kekerasan, seperti halnya yang memang didikkan kepada aparat keamanan.
Dan memang kekerasan adalah sebuah hal yang sulit dihindarkan apabila Crowd telah terbentuk. Yang bisa dilakukan oleh aparat keamanan dalam pemahaman ilmu komunikasi massa, hanyalah melokalisir dan mencairkan eskalasi CRRRC secara pelan-pelan.
Eskalasi CRRRC sulit dibendung, dan hanya perwira yang cerdas saja yang dapat mensiasati eskalasi CRRRC mulai dari meminimalisir sumbu-sumbu dalam crowd, dan tidak mulai meng-ignition atau menyalakan sumbu-sumbu dalam Crowd.
Aparat keamanan yang gagal memahami Crowd maka, crowd yang tidak ter-manage dengan baik akan langsung berkembang menuju Raid.
Setelah Raid terjadi maka dalam hitungan detik dapat meletus  menjadi Riot atau kerusuhan dalam skala  terlokalisir. Bila gagal dilokalisir, maka akan berkembang menjadi Chaos atau kerusuhan massal yang meluas. Kita melihat Mesir, Libya dan negara negara timur tengah sereprti Suriah sudah mengalami suasana Chaos yang berkepanjangan. Indonesia juga sudah pernah mengalami Chaos pada Mei 1998.
Jadi sebagai pelajar ilmu sosial, ada keuntungannya apabila kita memahami apa yang selama ini dipahami sebagai eskalasi massa dalam studi Komunikasi Massa tentang seluk-beluk eskalasi massa.
Saya ingat dulu tahun 1998 pembentukan PPRC (pasukan pemukul reaksi cepat) adalah mengingatkan selalu akan potensi CRRRC (Crowd- Rage- Raid- Riot- Chaos) yang hampir selalu terjadi mengiringi beragam  aksi demonstrasi yang melibatkan massa dengan jumlah signifikan.
(Oleh :Mung Pujanarko - belajar di magister jurnalistik IISIP-Jakarta)

Selasa, 20 Maret 2012

Menulis Jangan Menunggu Mood


Guna melatih skill menulis artikel, kepada mahasiswa jurusan jurnalistik di mana saya mengajar  telah saya tugaskan untuk membuat tulisan sebagai karya jurnalistik. Karya jurnalistik ini harus dipublikasikan, dan saya sarankan yang paling cepat adalah mempublikasikannya di Blog. Hasilnya hari ini ada 3 mahasiswa dari 16 jumlah mahasiswa dalam satu kelas yang telah membuat blog.
“Tulisannya masih satu pak, engga apa-apa kan pak?” tanya Dwi (20) mahasiswa saya yang telah menaikkan tulisannya tentang olah raga skateboard di blognya.
Saya sungguh mengapresiasi upaya mahasiswa untuk mulai membuat artikel dan mempublikasikan di blog. Artikel yang yang tugaskan pada para mahasiswa jurusan jurnalistik ini adalah artikel bebas bersyarat.  Syaratnya :
1. Aktual
2.Faktual
3.Menarik
4. Ditulis dalam kaidah jurnalistik.
Aktual berarti ada batasan bahwa artikel itu harus apa yang dilihat oleh mahasiswa itu, dan bukan saduran atau dari mekanisme ‘katanya’.
Faktual artinya artikel yang ditulis adalah berupa artikel yang benar-benar terjadi apa adanya, dan bukan fiksi.   Sedangkan menarik artinya topik yang diangkat bebas dan meskipun sederhana, namun menarik untuk dibaca.

   Dari melihat cara mahasiswa menulis, problem menulis yang dialami oleh mahasiswa adalah yang pertama; tidak mood, kedua ; tulisan berhenti di tengah jalan, artinya macet di tengah jalinan peristiwa/kisah yang ditulis dan sekaligus unable to continue  atau tak bisa menyelesaikan hingga kisah story itu closing.
Problema menulis yang selanjutnya adalah kesulitan fokus dalam disiplin plot-paragraf. Ide dalam paragraf sering loncat-loncat, ini pertanda sulit berpikir kronologis.
Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini mahasiswa jurnalistik saya sarankan harus memiliki disiplin menulis yang baik.
Disiplin menulis adalah biasakan menulis mulai dari judul, kemudian disusul menyusun kalimat opening yang membuka tulisan, isi tulisan yang terjalin dengan opening dan closing tulisan.
Saya menekankan pada para mahasiswa jurnalistik agar paragraf pertama adalah merupakan tiang pancang dari isi tulisan. Jadi opening (kalimat pembuka tulisan) tidak boleh dihapus di tengah sedang mengetik menyelesaikan body/tubuh  tulisan. Disiplin paragraf pertama ini sangat berguna bagi kita untuk  menyelesaikan tulisan secara cepat dan tepat. Dan jangan takut/khawatir mati gaya dalam menulis, yang penting kisahkan seperti apa yang anda alami sendiri. Jadi disiplin menulis tidak perlu menunggu mood dalam menulis karya jurnalistik. (*)

Minggu, 18 Maret 2012

Jambu Bol Jamaika di Pekarangan (1)

jambu jamaika dapat berukuran besar


Jambu Bol Jamaika disebut juga Jambu Dersono. Jenis Jamaika yang saya tanam di halaman cuma 1 pohon saja, karena keterbatasan lahan pekarangan rumah saya, namun tanaman Jambu Jamaika ini tidak mengecewakan, karena berbuah setiap musim sekali.
Maret 2012 ini di Bogor sedang musim hujan, dan Jambu Jamaika yang saya tanam tidak berbuah sebanyak musim panas 2011 lalu.
Satu dompolan pentil berisi 10 biji, tapi yang berhasil jadi besar cuma 1 sampai 3 buah per-dompol, yang lain rontok karena hujan. Saya engga semprot pakai macam-macam PPC, pupuknya ya cuma basic saja pada tanahnya.

Sementara ini, pada musim hujan ini, ukuran (size) buahnya sungguh besar, lebih besar dari musim hujan lalu 2011. Pada bulan Maret ini saya memetik beberapa buah yang cukup masak, dan ukuran besarnya mengesankan buat saya. Rasa buah Jambu Jamaika ini kebetulan manis, dan berair. Kalau warnaya merah tua cenderung gelap maka rasanya pun makin manis.

Meski buah pertama pada musim hujan ini banyak yang rontok, namun saya melihat pohon Jambu ini pentil bakal bunganya muncul lagi, bahkan sampai ke atas cabang.

Bunga Jambu Jamaika bentuknya indah dengan warna merah yang merekah.

Hama yang sesekali muncul adalah kutu daun yang membuat benjol pada daun muda, kemudian ulat pengebor batang pohon. Cara untuk mengenyahkannya adalah untuk daun-daun yang sudah benjol, petik dan buang, dan untuk lubang ulat di pohon adalah dengan celup pakai minyak tanah pada kapas atau kain kecil, kemudian sumpalkan pada lubang yang ada di pohon Jambu Jamaika.

Pekarangan saya memang saya tanami dengan beberapa tanaman buah kesukaan saya, yang sekiranya saya sulit dapat di pasar buah Bogor, seperti Srikaya New Varietas, Srikaya Merah, sedangkan khusus untuk Srikaya lokal yang sangat saya gemari (mengingat saya asal Surabaya) saya bariskan sepanjang pinggir halaman  dalam.

Bogor amat kaya dengan aneka jenis buah, dan yang biasa kita lihat di pinggir jalan, di pasar tradisional dan supermarket,  adalah hampir semua jenis buah lokal dan import, tapi Srikaya yang 'happening' buat saya, sulit saya cari di pasar Bogor, ini mungkin karena Srikaya jarang orang yang suka karena bijinya banyak, dan cara makannya yang sulit.

Dan yang baru saja berbuah di pekarangan saya, dengan letak agak berdekatan dengan pohon Jambu Jamaika, adalah Pisang Varigata (Musa varigata). Pisang Varigata ini juga kapan kapan akan saya naikkan di blog saya ini, karena bentuknya yang unik dengan warna daunnya yang belang putih hijau.
Uniknya, warna buahnya juga berwarna belang garis putih-hijau. Untuk pisang varigata ini pembaca bisa  mencari di google dengan ketik : pisang varigata maka akan muncul beberapa gambar tentang pisang varigata. (*)

(note : terimakasih untuk blog http://idesubagyo.blospot.com, bapak Ir Subagyo, M.Sc di Surabaya sering saya mintai advis via email di  : subagyo.surabaya@gmail.com, dan beliau selalu menjawab pertanyaan saya, sebodoh apapun pertanyaan saya tentang tanaman.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons