cari kata

Selasa, 27 Maret 2012

Eskalasi Massa CRRRC (2)

Mengamati dari dekat aksi demo terutama di Ibu Kota Jakarta pada hari ini rabu (27/3) ini, terlihat eskalasi massa telah sampai terjadi pembentukan crowd (kerumunan massa) dan masuk pada tahapan rage (kemarahan) serta raid (penyerangan). Durasi akselerasi eskalasi mulai dari awal crowd berkumpul, berorasi sampai dengan memicu rage dan raid berlangsung antara 3-4 jam. Sementara di Makassar, massa terlihat lebih mudah cepat naik eskalasinya dari crowd hingga mencapai tahap rage dan raid membutuhkan waktu kurang dari 3 jam.
Hari rabu (27/3) ini tentu saja menjadi evaluasi baik pihak aparat keamanan yang selalu tekun mengatur strategi, juga wacana bagi pihak pendemo.
Kelemahan pihak pendemo terlihat bahwa ternyata tipologi massa mengambang (floating mass) masih mendominasi para pendemo. Apalagi ada seruan seorang ketua umum sebuah partai besar dimana beliau menarik kembali seruannya untuk mengerahkan massa partai. Ketua umum partai besar ini menarik kembali seruannya dan ganti menyerukan massa partainya agar tidak berdemo turun ke jalan. Saya belum melihat apa alasan politiknya. Kemungkinan seperti yang sudah-sudah Presiden telah memegang sejumlah kartu truf yang membuat ketua umum partai menarik kembali seruan bagi massanya untuk berdemo. Ini demi kepentingan politik, its all about politics at highest level.
Rabu 27/3 ini endurance massa pendemo lumayan kuat bertahan hingga sore hari melaksanakan aksi demonya. Terutama ketahanan elemen mahasiswa yang memang relatif tidak dibebani dengan kewajiban mencari sandang pangan untuk keluarga.
Sementara aksi sporadis buruh terbatas (limited action) karena buruh sendiri juga harus kembali bekerja demi nafkah keluarga.
Aksi demo rabu (27/3) ini eskalasinya berhasil diredam hingga sampai tahap raid terhadap aparat saja. Dan penanganan aparat kemanan dari polri dan beberapa kesatuan tentara yang terlatih baik, saya melihat cukup bagus. Meskipun ada improvisasi dari aparat polisi yang ganti balas melempar batu kepada massa pendemo, dimana hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Karena melihat formasi aparat yang maju teratur sudah mampu mendesak massa pendemo hingga keluar titik demo.
Titik konsentrasi demo menjadi krusial dan penting maknanya bagi massa pendemo, karena assembly point atau titik berkumpul di depan obyek vital simbol itulah yang menjadi golden square atau kotak emas yang memancing publikasi dari media. Jika massa crowd pendemo berhasil didesak keluar dari titik demo yang strategis, maka aksi demo akan kehilangan lokasi strategisnya dan aksi demo menjadi kurang strategis pula untuk mendapat sorotan publikasi.
Sebenarnya dari sudut pandang saya, dari aksi demo inilah terlihat benar profile aparat keamanan. Jika hasil rekrutan bagus maka, gerakan setiap personel pasti terkontrol, sebagai hasil latihan fisik dan mental yang teratur. Saya dapat melihat ketika aparat berhasil mempertahankan formasi (hold the line) dan dengan teratur maju memecah crowd yang sedang naik eskalasinya menjadi raid, hal ini menjadi bentuk kedisiplinan tersendiri dari aparat keamanan yang sudah jauh lebih baik penanganan demo-nya dibanding tahun 1998 saat saya masih menjadi mahasiswa S1 dulu. Sebaiknya dalam demo tahun ini aparat keamanan juga lebih baik dalam memperlakukan setiap mahasiswa yang terjebak dalam formasi aparat.
Tapi jika aparat mudah sekali terpancing emosi, maka sebaiknya ini menjadi bahan evaluasi dari pihak keamanan itu sendiri.
Aksi menolak kenaikan BBM selalu disuarakan rakyat, karena itu masalah BBM adalah masalah sensitif buat rakyat.
Kembali pada aspek demonstasi massa, dalam disiplin ilmu komunikasi massa, interaksi antara aparat keamanan yang berhadapan head to head dengan massa pendemo, masih saling menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan simbol-simbol kekerasan (violence). Saya menyayangkan satu-dua orang mahasiswa yang tertangkap terlihat terang-terangan dihajar oleh beberapa orang aparat keamanan dan diseret untuk diamankan.  Pemandangan ini justru makin menyulut rage dan meningkatkan raid dari crowd.
Dari sisi media massa, adegan-adegan dramatis inilah yang sangat disukai oleh media dan mendatangkan banyak iklan.
Penonton televisi sangat menantikan untuk menyaksikan tayangan demo karena dalam demonstrasi terdapat unsur :
1.    Action
2.    Drama
3.    Adegan violence yang memang disukai oleh audiens.

Tayangan violence selalu mendapatkan rating tinggi di televisi dan memancing penonton dalam jumlah signifikan. Aksi massa pada Rabu (27/4) ini menjadi penting bagi aparat keamanan yang stand by berjaga dan juga para pemikir dari massa pendemo, penting bagi kedua belah pihak untuk bahan evaluasi dan strategi di lapangan.
Dan karena BBM belum naik secara aktual maret-april 2012 ini, maka aksi massa yang terjadi, hanyalah permulaan dari aksi-aksi massa yang kemungkinan akan terjadi lebih besar lagi, dengan dipicu opsi pemerintah yang bebas menaikkan BBM. Saya maklum apabila mahasiswa jadi gemas kepada pemerintah, karena pemerintah terlihat patuh sekali pada mekanisme pasar minyak dunia : minyak dunia naik, pemerintah menaikkan BBM,- pasar minyak dunia turun, pemerintah ikut pula menurunkan BBM. Tidak heran, karena Negara Republik Indonesia memang menganut paham liberalisme di segala bidang.
Untuk itu kita semua sebagai pemerhati ilmu sosial dapat senantiasa mengamati gejala-gejala dalam masyarakat sosial kita. (*)
(oleh Mung Pujanarko : menempuh thesis pada magister jurnalistik,  dan mengajar jurnalistik, pernah menjadi wartawan yang sering meliput aksi demo)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons