cari kata

Selasa, 20 Maret 2012

Menulis Jangan Menunggu Mood


Guna melatih skill menulis artikel, kepada mahasiswa jurusan jurnalistik di mana saya mengajar  telah saya tugaskan untuk membuat tulisan sebagai karya jurnalistik. Karya jurnalistik ini harus dipublikasikan, dan saya sarankan yang paling cepat adalah mempublikasikannya di Blog. Hasilnya hari ini ada 3 mahasiswa dari 16 jumlah mahasiswa dalam satu kelas yang telah membuat blog.
“Tulisannya masih satu pak, engga apa-apa kan pak?” tanya Dwi (20) mahasiswa saya yang telah menaikkan tulisannya tentang olah raga skateboard di blognya.
Saya sungguh mengapresiasi upaya mahasiswa untuk mulai membuat artikel dan mempublikasikan di blog. Artikel yang yang tugaskan pada para mahasiswa jurusan jurnalistik ini adalah artikel bebas bersyarat.  Syaratnya :
1. Aktual
2.Faktual
3.Menarik
4. Ditulis dalam kaidah jurnalistik.
Aktual berarti ada batasan bahwa artikel itu harus apa yang dilihat oleh mahasiswa itu, dan bukan saduran atau dari mekanisme ‘katanya’.
Faktual artinya artikel yang ditulis adalah berupa artikel yang benar-benar terjadi apa adanya, dan bukan fiksi.   Sedangkan menarik artinya topik yang diangkat bebas dan meskipun sederhana, namun menarik untuk dibaca.

   Dari melihat cara mahasiswa menulis, problem menulis yang dialami oleh mahasiswa adalah yang pertama; tidak mood, kedua ; tulisan berhenti di tengah jalan, artinya macet di tengah jalinan peristiwa/kisah yang ditulis dan sekaligus unable to continue  atau tak bisa menyelesaikan hingga kisah story itu closing.
Problema menulis yang selanjutnya adalah kesulitan fokus dalam disiplin plot-paragraf. Ide dalam paragraf sering loncat-loncat, ini pertanda sulit berpikir kronologis.
Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini mahasiswa jurnalistik saya sarankan harus memiliki disiplin menulis yang baik.
Disiplin menulis adalah biasakan menulis mulai dari judul, kemudian disusul menyusun kalimat opening yang membuka tulisan, isi tulisan yang terjalin dengan opening dan closing tulisan.
Saya menekankan pada para mahasiswa jurnalistik agar paragraf pertama adalah merupakan tiang pancang dari isi tulisan. Jadi opening (kalimat pembuka tulisan) tidak boleh dihapus di tengah sedang mengetik menyelesaikan body/tubuh  tulisan. Disiplin paragraf pertama ini sangat berguna bagi kita untuk  menyelesaikan tulisan secara cepat dan tepat. Dan jangan takut/khawatir mati gaya dalam menulis, yang penting kisahkan seperti apa yang anda alami sendiri. Jadi disiplin menulis tidak perlu menunggu mood dalam menulis karya jurnalistik. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons