cari kata

Kamis, 07 November 2013

Bahasa Indonesia menjadi Ketrampilan Mutlak bagi Mahasiswa

Civitas Akademika IBM-ASMI dari kiri ke kanan : Suci, Yudi, Tyan, Eka,Gerry, Mutia, Farah, Mung Pujanarko (berdiri), Ayda, Satriadi, Erika, Ayu


 Pentingnya Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dipergunakan dalam karya ilmiah juga percakapan sehari-hari amat mutlak dibutuhkan bagi para mahasiswa. 

Karena sekarang ini pada jaman media sosial yang semakin menyentuh dalam berbagai sendi kehidupan, penggunaan Bahasa Indonesia menjadi seringkali diabaikan, bahkan ditinggalkan dan dijauhi oleh masyarakat pada umumnya,  terutama bagi anak muda yang sering menggunakan media sosial.

Untuk itu mahasiswa harus dibekali dengan kemampuan Bahasa Indonesia yang baik, seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa  IBM - ASMI (Institut Bisnis dan Multimedia - Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia)  yang berkampus di kawasan Pulomas Jakarta Timur pada Kamis (7/11).

Para mahasiswa ASMI kini sedang giat mendalami Bahasa Indonesia untuk digunakan dalam tulisan, baik tulisan ilmiah dan populer.

Menurut Dosen Bahasa Indonesia yakni Mung Pujanarko menyatakan bahwa mahasiswa harus mampu mempergunakan bahasa Indonesia sesuai KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) serta mampu menyusun kalimat dalam ragam bahasa Indonesia yang telah disempurnakan.

”Dalam bahasa Indonesia dikenal ragam dan laras bahasa, untuk itu mahasiswa harus paham tentang ragam terutama laras bahasa yang baik” ujar Mung Pujanarko yang akrab dipanggil Imung ini.

Menurut mahasiswa ASMI semester 1 yakni Ayda (18) mengatakan bahwa Bahasa Indonesia yang baik dan benar, mutlak penting dalam pergaulan sehari-hari, meskipun terkadang remaja jaman sekarang meninggalkan ragam bahasa yang benar, namun tetap penting digunakan dalam menulis karya ilmiah.

”Bahasa Indonesia saya pelajari secara mendalam karena saya adalah orang Indonesia, dan di tempat kerja nanti saya ingin bisa sempurna berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan” urai Ayda. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons