cari kata

Kamis, 07 November 2013

Workshop Fotografi Jurnalistik di STIKOM Indonesia Maju


Mung Pujanarko menerima piagam penghargaan dan Ketua Panitia Rahmat Irwansyah


Menjadi fotografer adalah sebuah pilihan profesi yang makin diminati dewasa ini di Indonesia pada khususnya. Di dunia kampus sendiri makin banyak saja mahasiswa yang tertarik untuk menekuni dunia fotografi,baik sebagai hobby maupun kegiatan yang dapat menghasilkan uang. 
Agar menjadi  fotografer yang profesional harus sering-sering mempertajam ilmu dan seringlah mengikuti workshop fotografi. Hal ini dikatakan oleh Eddy Henurjanto atau akrab dipanggil Edo seorang fotografer senior dalam kesempatan workshop fotogafi jurnalistik di kampus STIKOM (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi) Indonesia Maju di bilangan Jl Harapan lenteng Agung, Jakarta pada hari Rabu tanggal 6 November 2013.“Fotogafer kini adalah sebuah profesi yang semakin banyak diminati, baik sebagai fotografer  freelance atapun full time yang bekera secara mandiri, punya studio ataupun bekerja di media massa,” tutur Edo.
 Menurut Edo,  fotografer harus mutlak mencintai ilmu fotografi, dan memilki keinginan untuk terus memperdalam ilmunya, “Carilah ilmu fotografi baik secara formal mapun informal, seringlah kumpul bersama fotografer yang lebih senior dan lebih matang ilmunya baik dalam kegiatan komunitas ataupun saat lomba-lomba foto digelar” papar Edo.



Maksud kegiatan workshop ini selain untuk memperdalam ilmu juga  menjadi ajang uji kemampuan event management bagi mahasiswa STIKOM yang menempuh mata kuliah manajemen event,”Kami selaku panitia mengadakan event ini secara serius, mulai dari merencanakan, merancang dan melaksanakan kegiatan workshop ini, semuanya butuh waktu, dana dan tenaga yang memakan waktu satu bulan lebih untuk melaksankan event ini” tutur Rahmat Irwansyah selaku ketua panitia dari mahasiswa STIKOM IMA.
Sementara itu Mung Pujanarko selaku dosen pada STIKOM IMA dan juga mengampu mata kuliah manajemen event menyatakan, bahwa  dalam melaksanakan sebuah event  mahasiswa memperoleh dua keuntungan sekaligus, “Yang pertama adalah memperoleh ilmu dari kegiatan event itu sendiri misalnya seperti workshop  fotografi ini, dan kedua; mahasiswa juga belajar membuat event dan melaksanakan event acara semacam ini hingga sukses dan bahkan memperoleh keuntungan finansial dari peserta,sponsor dan donasi,” papar Mung Pujanarko yang akrab dipanggil Imung ini.

Nasehat untuk Mahasiswa

Menurut Pak Mung Pujanarko, S.Sos, M.I.Kom yang merupakan Magister Kekhususan Ilmu Jurnalistik alumnus IISIP Jakarta ini berpesan pada para mahasiswanya di berbagai kampus bahwa era informasi kini menjadikan dunia fotografi makin mudah dan diminati. Adanya fenomena foto selfie, foto pre-wedding dan wedding dan aneka moment dalam media sosial makin menggoda siapa saja yang mampu untuk tejun mendalami fotografi. Yang paling penting harus diingat adalah :

1. Fotografi adalah hobby yang cukup mahal, fotografi dengan kamera DSLR kini setidaknya membuat peminatnya harus membelanjakan sedikitnya empat juta rupiah hingga kisaran enam juta rupiah untuk sebuah kamera kelas pemula atau entry level DSLR. "Mulai era SLR sebelum adanya DSLR, fotografi  adalah bukan barang murah, alatnya cukup mahal, ini merupakan hobby yang cukup mahal bagi sebagian besar orang, ada sih yang menganggap murah tapi secara statistik demografi dihitung dari tingkat pendapatan rakyat banyak, ini hobby yang cukup mahal," papar Mung Pujanarko. Dirinya memberi gambaran bahwa seiring laju inflasi per tahun, harga barang import kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) ini cenderung terus mengalami kenaikan, "Dari tahun ke tahun harga DSLR baru selalu naik, karena dihitung US dollar, ini harus dipahami bagi peminat fotografi," lanjutnya. Paling tidak menurutnya anak muda harus bisa menabung dulu.

2. Manfaatkan mata kuliah Fotografi dan Fotografi Jurnalistik. Di berbagai kampus kini telah ada mata kuliah Fotografi dan Fotografi Jurnalistik terutama untuk jurusan Ilmu Komunikasi, bahkan ada S1 Fotografi namun masih sepi peminat karena S1 Fotografi sifatnya yang terlalu niche.
Untuk mahasiswa yang ikut mata kuliah fotografi maka manfaatkan praktek dengan kamera DSLR milik kampus. "Dengan praktek dan memahami seluk beluk DSLR dalam fotografi menggunakan kamera praktikum milik fakultas, maka mahasiswa dapat menguasai alat DSLR terlebih dahulu sebelum nanti dapat membelinya," papar Mung Pujanarko. Dengan demikian maka mahasiswa sudah terlebih dahulu kenyang praktek DSLR sebelum memilikinya.

3. Waspadalah saat membeli DSLR di toko-toko. Kini banyak toko menjual DSLR,  maka anak muda atau siapa saja peminat pemula, wajib mengetahui terlebih dahulu DSLR apa yang perlu dibelinya ?, harga pasarannya berapa?, dan ingat DSLR dijual terpisah dengan aneka asesories tambahan seperti UV filter, dll, terkadang ada toko yang tega menjual terpisah dengan memory card. Cek semua asesories keperluan anda, dan pastikan harganya. Jangan sungkan bertanya kepada para koh penjualnya di toko-toko, meski seringkali penjualnya menggertak pembeli agar terpana secara psikologis, menawarkan asesories tambahan seperti lens converter, pembersih, tas, lens hood, dan aneka asesories yang semua harganya kelewat mahal dari harga pasaran, dan ada toko DSLR yang menganggapnya 'seperti perang' saat menjual, kalau ada yang beli berarti dia menang kalau tak jadi beli berarti kalah, hati hati-dengan ideologi toko macam ini. Ada pula toko sok menolong, pura-pura ramah padahal menjebak, namun ada pula penjual yang baik.
Karena itu lebih baik ajak teman yang berpengalaman membeli DSLR, hati-hati memilih toko, cek dahulu di google mana toko DSLR yang curang, dan di kawasan mana saja toko-toko DSLR yang menjebak pembeli bak mafia ini beroperasi, bak jaringan yang rapi yang siap memperdaya 'lalat pemula' yang awam soal DSLR, punya uang tapi awam, hati-hatilah, cek di google semua sebelum membeli, ketik saja kata kunci "tertipu kamera DSLR", "toko curang penjual DSLR" dan lain-lain kata kunci yang berkaitan dengan kecurangan penjual DSLR.
Be careful, be creative dont get scam by anybody.

4. Sesuaikan anggaran kemampuan anda dengan kebutuhan akan alat DSLR type apa, jangan mudah terpancing dengan pendapat yang meremehkan anggaran yang anda punyai, karena fotografi adalah hak bagi siapa saja.

5. Jika anda sudah memiliki kamera DSLR, ingatlah bahwa DSLR adalah barang elektronik, bukan seperti SLR jadul yang menggunakan rol film. Sebagai barang elektronik, DSLR memilki delicate parts yang cukup fragile, jatuh bisa rusak, kena debu bisa rusak, kena air bisa rusak. Belum lagi keausan barang elektronik lebih tinggi dibanding non elektronik, mengapa ? Ya karena saat kontak dengan listrik maka komponen elektronik mengeluarkan panas, jadi cepat aus. Jika anda memilki SLR sisa jaman dulu (jadul), maka perhatikanlah perbedaan mendasarnya pada sistem elektrik yang rumit. Jadi jagalah, rawatlah baik-baik DSLR anda yang sejatinya fragile tersebut.

6. Menurut Mung Pujanarko S.Sos, M.I.Kom, ada rumus yang paling penting bagi seseorang untuk sukses dalam dunia fotografi, "Prinsipnya adalah anda memiliki apa yang dinamakan AMOL atau Ability yakni kemampuan finansial dan skill fotografi, Motivation atau motivasi untuk tekun dalam dunia fotografi, Opportunity atau anda memilki kesempatan untuk membuktikan skill dan motivasi anda, dan yang terakhir Luck atau anda mendapat cukup keberuntungan dalam upaya anda di dunia fotografi" papar Mung Pujanarko. Jadi menurutnya yang mebedakan satu fotografer dapat lebih suskes dibanding  fotografer yang lain, padahal alatnya sama, skillnya sama, maka jawabnya ada dalam prinsip AMOL tersebut.

Ability
Motivation
Opportunity
Luck

Good Luck !(*)



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice Post!
Saya baru lihat ini pak mung, mudah2n ada kesempatan buat mahasiswa stikom angkatan 2014 :)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons